Patut Diapresiasi, Sekdes Awiluar Berdayakan Anak Muda di Kelompok Barle Farm

 121,980 total views

Patut Diapresiasi, Sekdes Awiluar Berdayakan Anak Muda di Kelompok Barle Farm | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – Sosok H.Aan Suryana sudah tak asing lagi ditelinga masalah, khususnya oleh Sekretariat Desa Awiluar, Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis.

Bukan tanpa alasan, Aan dikenal lantaran mampu memberdayakan anak muda di Budidaya ikan Lele yang terbalut dalam kelompok Barle Farm.

Kelompok tersebut sudah berjalan dari awal bulan Juni 2021, yang di Ketuai oleh Ade Faisal, Sekretaris Dina Munawar, Bendahara Yuyus dan Pelindung Nana Suryana.

Ia terinspirasi menggerakan muda mudinya untuk membudidayakan pembibitan ikan lele, sebab tak sedikit di daerah lain bisa sukses. Apalagi terdorong suntikan bantuan modal dari UPK kecamatan Lumbung.

Alhasil, dari modal tersebut kelompok bisa membuat beberapa kolam pembibitan dan puluhan induk ikan lele jantan dan betina kwalitas unggul.

Sementara istrinya Elin Herlina adalah ketua kelompok Kadu Bengkung Tujuh Belas, Sekretaris Ah Syariah, Bendahara Lela Laelatul Anbia, dan Anggota Nining, Ida K, Dadah Faridah dan Hj Dedeh.

Saat ditemui di kediamannya Aan Suryana didampingi istrinya mengungkapkan, dalam mengembangkan usaha budidaya ikan Lele ini, ia bersama rekan harus rajin memeriksa kolam, memberikan pakan, juga pengairannya agar bisa memanen bibit ikan lele tersebut hasilnya baik.

Hasilnya lanjut Aan, beberapa minggu kebelakang sudah terbukti Kelompok Barle Farm sudah memanen puluhan ribu bibit ikan lele dari berbagai ukuranz mulai dari ukuran terkecil hingga yang agak besar yang sudah habis terjual dan yang cukup lumayan hasilnya.

“Jadi, kelompok kami dalam membudidayakan ikan Lele ini khusus pembibitan untuk dibesarkan lagi,” jelasnya, Senin (04/10/2021).

“Ada 35 kelompok usaha di Desa Awiluar ini yang bergerak di bidang olahan makanan ringan dan cemilan lainnya. Semua kelompok usaha tersebut dapat modal simpan Pinjam dari UPK Kecamatan Lumbung,” tutupnya.

Patut diapresiasi, walau Aan seorang sekretaris Desa, tapi bisa meluangkan waktunya. Sebelum berangkat kerja dan pada hari libur bisa menggerakan muda mudinya agar, bisa usaha budidaya ikan lele ini bisa sukses. Wan.K

Related posts