Peduli dengan UMKM di Kota Blitar, Mahasiswa UPN Jatim Petakan Permasalahan

 2,852 total views

Peduli dengan UMKM di Kota Blitar, Mahasiswa UPN Jatim Petakan Permasalahan | dokpri

ReferensiKelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN-T MBKM) UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan pemetaan UMKM untuk Kelurahan Turi, Kota Blitar.

Tujuan dilakukannya pemetaan ini untuk mengetahui gambaran permasalahan secara umum yang dihadapi UMKM di Kelurahan Turi. Alhasil Pemetaan ini dilakukan selama 2 minggu berturut-turut dimulai dari tanggal 28 September sampai dengan 7 Oktober 2022.

Informasi yang sebelumnya didapatkan dari Lurah Turi serta penduduk setempat. Dilanjutkan dengan menyebarkan kuesioner kepada para pelaku UMKM. Penggunaan kuesioner ini bertujuan untuk mendapatkan data informasi dari masing-masing UMKM.

Dari hasil yang didapatkan ditemukan mayoritas permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM di kelurahan Turi. Secara umum permasalahan seperti pemasaran yang kurang efektif, sumber daya modal, kurangnya pemanfaatan social media masih menjadi kendala utama.

Kendala-kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM di Kelurahan Turi khususnya pada sektor pemasaran umumnya disebabkan oleh kecenderungan pelaku UMKM di Kelurahan Turi yang masih bergantung pada pemasaran dengan cara konvensional menjadikan para pelaku UMKM kurang menjangkau pasarnya secara optimal.

Peduli dengan UMKM di Kota Blitar, Mahasiswa UPN Jatim Petakan Permasalahan | dokpri

Untuk itu, melalui hasil pemetaan UMKM, tim KKNT MBKM Kelompok 21 UPN Veteran Jawa Timur akan membantu UMKM dalam mengatasi kendala-kendala yang mereka hadapi dengan cara melakukan pendampingan UMKM dalam pembuatan digitalisasi transaksi, pengembangan branding media sosial, pembuatan platform digital, pengembangan logo, pembuatan penanda usaha serta pembuatan E-Katalog.

Tujuan dari program ini untuk mengubah anggapan serta perspektif masyarakat terhadap pemasaran online yang dinilai rumit serta mendapatkan manfaat dari adanya teknologi digital. Red.

Related posts