Pernah Nyicip Keripik Bayam yang Renyah? Berikut Resepnya ala Ceu Kokom

 150,567 total views

Bahan baku keripik daun bayam | Ndhie

Kabupaten, Wartatasik.com –  Saat ini ada cemilan yang mulai banyak digemari. Diantaranya keripik yang disukai karena kini ada beberapa varian rasa maupun bahan baku keripik menjadi makanan yang pas dijadikan lauk atau bahkan hanya menemani disaat ada perkumpulan.

Keripik merupakan makanan tipis-tipis dan bertekstur renyah, panganan sejenis kerupuk ini dapat dibuat dari berbagai jenis bahan makanan, mulai dari umbi-umbian, buah-buahan, sayur, tempe, kulit ayam atau bahkan daun bayam.

Sebut saja keripik daun bayam Ceu Kokom (43) dengan kepiawaiannya berhasil memproduksi panganan keripik daun bayam yang renyah dan gurih.

“Awalnya hanya iseng-iseng memanfaatkan sayuran bayam, setelah dibikin kripik daun bayam enak dan renyah sehingga mantap untuk cemilan, dan akhirnya saya pasarkan,” papaar Ceu Kokom, (24/01/2020).

Sensasi kriuk ketika memakan keripik buatannya itu lanjut Kokom, ia menggunakan resep sebagaimana membuat keripik tempe tentunya dengan memperhatikan bahan (daun bayam) yang berkualitas baik.

“Prosesnya sendiri, daun bayam menggunakan adonan tepung. Jenis tepung yang digunakan adalah tepung terigu yang dicampur dengan tepung beras. Supaya renyah, bisa ditambahkan soda kue, jangan lupa tambahkan bumbu penyedap rasa lainnya,” ujarnya

Selanjutnya celupkan daun bayam tersebut ke dalam adonan, kemudian langsung goreng. Nah, untuk menggoreng keripik bayam usahakan api jangan terlalu besar.

“Supaya jadi renyah, pastikan juga daun bayam tersebut tidak basah terkena air. Sebaiknya keringkan terlebih dahulu setelah dicuci,” pungkasnya. Ndhie

Related posts