Rakor Penanggulangan Bencana, Kepala BPBD: Potensi Longsor Memungkinkan di Tamansari, Kawalu dan Purbaratu

 2,419 total views

Suasana saat rekor penanggulangan kebencanaan musim hujan tahun 2019-2020 | Suslia

Kota, Wartatasik.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ucu Anwar menyebut potensi longsor yang memungkinkan terjadi ada di Tamansari, Kawalu dan Purbaratu.

Hal tersebut dikatakannya dalam Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Menghadapi Musim Hujan tahun 2019-2020 di Mas Family Cahaya, Kota Tasikmalaya, Selasa (12/11/2019).

Diterangkan Ucu, sebagai salah satu langkah antisipasi adalah menyampiakan sosialisasi kepada masyarakat.

Nantinya pada saat musim hujan lanjut ia, semua dinas tehnik masuk dalam TLC (Tim Lintas Cepat) yang dibantu TNI dan Polri.

“Saat ada kejadian akan satu posko bergerak sinergis ke titik kebencanaan yang terjadi dan memeberikan evakuasi,” ungkapnya.

Sebelumnya pihak BPBD sampaikan kepada masyarakat melaui para relawan yang tersebar bahwa potensi kebencanaan sudah disampaikan lebih dahulu.

Sebab untuk musim hujan berhubungan dengan drainase luapan sungai, pergerakan tanah longsor, puting beliung dengan pohon yang tumbang, rusaknya rumah dan bahaya petir.

“Kita akan melakukan advokasi dengan cabang dinas provinsi yang memiliki tim ahli untuk mengidentifikasi pohon supaya akan ada  informasi yang akademik ke Dinas Perawaskim pohon yang ditangani atau diremajakan,” terangnya.

Nampak hadir seluruh Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) se-Kota Tasikmalaya, unsur Muspida dan tamu undangan lainnya. Suslia.

Related posts