Semarakkan Bulan Puasa, Kelompok 70 KKNT MBKM UPN Jatim Gandeng UMKM Olahan Jamur Dalam Festival Ramadhan

 43,985 total views

Suasana Kegiatan Bazaar di Taman Anggrek Pada Festival Ramadhan Sememi | dokpri

Surabaya, Wartatasik.com – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H, kelompok 70 KKNT MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur tahun 2022 gelar acara festival Ramadhan dengan tema Colourful Ramadhan in Sememi, pada Sabtu (23/4/2022) lalu.

Salah satu acara yang dilaksanakan yaitu bazaar UMKM olahan jamur. Kegiatan bazaar ini dilakukan sebagai sarana bagi para pelaku UMKM untuk mengenalkan produk berbahan dasar jamur yang telah dikreasikan menjadi berbagai macam jenis makanan.

UMKM yang dikelola oleh Koperasi Taman Anggrek dan dipimpin oleh Supri didirikan pada tahun 2019. Didirikannya UMKM ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat yang terdampak eks lokalisasi agar dapat lebih menunjang kehidupannya sehari-hari.

Para pelaku UMKM yang juga merupakan warga Kelurahan Sememi sangat berpartisipasi dalam acara bazar ramadhan kali ini. Bermacam-macam olahan makanan berbahan dasar jamur mereka kreasikan dengan berbagai menu seperti jamsostel, sambal jamur, martabak jamur, kue lumpur topin abon jamur.

Bahan dasar jamur ini didapatkan dari rumah jamur sebagai tempat budidaya oleh warga sekitar yang berada disamping Taman Anggrek. Sehingga jamur yang didapatkan dengan keadaan lebih segar.

Menurut Supri acara kali ini sudah cukup meriah karena sudah bisa menggandeng UMKM yang ada di sekitar Taman Anggrek ini, “Sehingga mereka bisa lebih memperkenalkan produk-produk olahannya,” tuturnya.

Kedepannya kata Supri, para pelaku UMKM berharap bahwasanya mahasiswa KKNT MBKM dapat melibatkan kembali para pelaku UMKM Taman Anggrek dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan.

“Agar nantinya UMKM ini menjadi dikenal masyarakat dan bisa menjadi lebih maju sesuai harapan masyarakat yang tergabung dalam UMKM,” pungkasnya. **

DPL : Roziana Febrianita, S.Sos., M.A.

Penulis : Irma Eka Yuanasari

Tim KKN : Nanda Syarifudin Fanani, As Sifa Salsabila Putri Diyanis, Irma Eka, Mernawati Tri Pujiastutik, Rania Asri Asyura, Laili maghfiroh, Nabila Maulidina, Nabila Elvira Putri, Noufaldo Rahmatullah Datau.

Related posts