Tingkatkan Wawasan Masyarakat, KKNT MBKM UPN ‘Veteran’ Jatim Kelompok 63 Sukses Adakan Penyuluhan Bagi UMKM di Kendangsari

 19,045 total views

Tangkapan layar sesi diskusi oleh peserta dan narasumber | dokpri

Surabaya, Wartatasik.comSetelah rangakaian kegiatan sebelumnya sukses terlaksana, kali ini KKNT-MBKM UPN ‘Veteran’ Jawa Timur Kelompok 63 mengadakan acara penyuluhan UMKM. Kegiatan ini mengusung tema “Mengembangakan Potensi UMKM Menjadi Sentra Wisata Kuliner di Kelurahan Kendangsari”.

Acara penyuluhan ini diadakan pada hari Kamis tanggal 21 April 2022, dilaksanakan secara daring by Zoom Cloulds Meeting. Pada kesempatan kali ini kelompok 63 menghadirkan Garsione Agni Andrea, S.Pd., M.Sc sebagai narasumber yang merupakan dosen program studi Pariwisata di UPN “Veteran” Jawa Timur dan sangat berpengalaman dalam pengembangan wisata kuliner.

Kegiatan penyuluhan kali ini dihadiri oleh beberapa pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Kendangsari, ketua RW 5, ketua LKMK, PKK Kecamatan, serta Drs. Ahmad Daya Prasetyono, MM. selaku Camat Tenggilis Mejoyo.

Selain memilah keunikan dan memfokuskan potensi suatu Desa Wisata, kuliner yang terdapat di dalamnya juga berperan penting untuk mengembangkan Desa Wisata. Di Kelurahan Kendangsari sendiri terdapat beberapa kuliner yang cocok sebagai oleh-oleh seperti pia Inez, pizza haq, minuman sinom, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya kuliner yang dicicipi saat berkunjung ke suatu Desa Wisata, kuliner yang dikemas sebagai oleh-oleh juga merupakan faktor penting dalam pengembangan Desa Wisata. Hal tersebut akan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang berkunjung. Langkah awal dalam proses pengembangan desa wisata di Kelurahan kendangsari adalah pengembangan wisata kuliner dari UMKM setempat sebagai penyanggga wisata.

“Mengembangkan wisata kuliner terdapat dua hal yang perlu diperhatikan yaitu branding dan promosi. Branding ini nantinya akan menjadi pembeda antara produk dari UMKM satu dengan UMKM lainnya. Terkait promosi sendiri nantinya akan menjadi wadah untuk memperkenalkan produk UMKM kepada masyarakat luas,” tutur Garsione Agni.

Kegiatan penyuluhan ini nantinya akan berlanjut dengan agenda lain dari kelompok 63 yaitu pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Kendangsari. Diharapkan nantinya pelaku UMKM dapat memanfaatkan ilmu yang meraka dapat guna memajukan usaha yang mereka punya. **

DPL: Rosiana Febrianita, S.so., M.A.

Penulis: Nur Devika Mawarni

Tim KKN: Farhan Bachtiar Efendi, Felicia Oribel, Indah Fiskurniawati, Febby Annastya Eka Pradana, Nesta Permana Putra, Fenilia Indah Rosyidah, Ari Puji Raharjo, Devia Ratna Sari, Reny Febriyanti

Related posts