Tanggap Bencana, MUI Kab Tasik Bentuk HISGANA

 47,663 total views,  8 views today

Ketua Divisi Kesehatan dan Sosial MUI kab Tasikmalaya | Ndhie

Kab, Wartatasik.com – HISGANA MUI bentukan MUI Kabupaten Tasikmalaya Bidang Kesehatan dan Sosial menggelar orentasi kegawat daruratan bagi relawan, Rabu (08/07/2020).

Kegiatan ini merupakan pelatihan kemampuan bantuan hidup dasar dan persiapan kesigapan bencana alam yang diikuti oleh perwakilan 24 komunitas anak bangsa se-Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua Divisi Kesehatan dan Sosial MUI kab Tasikmalaya Neng Madinah mengatakan, pelatihan tersebut diberikan materi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya.

“Kita berharap, jika ini kuat menjadi tim yang pioner di bidang kemanusiaan,” ungkap Neng Madinah.

Dikatakannya, relawan Hisgana MUI ini akan yang terdepan dalam semua kegiatan, termasuk dalam mengirim relawan ke area bencana alam.

“Perlu diberikan pelatihan kemampuan bantuan hidup dasar dan persiapan kesigapan bencana alam kepada para relawan,” ucapnya.

Di sisi lain, kata Neng Madinah, banyak masyarakat belum mengetahui bagaimana cara melakukan pertolongan pertama pada keadaan darurat medis, seperti pernafasan bantuan dalam menolong korban serangan jantung atau tata laksana bencana atau korban kecelakan.

Photo bersama orentasi kegawat daruratan bagi relawan | Ndhie

“Peserta pelatihan diharapkan mengetahui cara melakukan bantuan hidup dasar untuk bisa menolong korban sebelum medis datang dan mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menghadapi bencana alam,” harapnya.

Pelatihan ini terangnya, juga akan menjadikan peserta sebagai safety officer dalam 24 komunitas dan menggabungkan peserta dalam sistim darurat terpadu SIGAPP by SIAGA.

SIGAPP by SIAGA ini berfungsi menyambungkan korban/pelapor di dalam komunitas,dan Insyaallah kegiatan ini akan diterapkan di setiap kecamatan, bahkan kesetiap desa,” pungkasnya. Ndhie

Related posts