Target Pariwisata di Kab Ciamis Satu Juta Pengunjung Tahun 2022

 178,060 total views

Kepala Bidang Destinasi Disparbud Kabupaten Ciamis | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – Kunjungan wisatawan ke objek wisata yang berada di Kabupaten Ciamis ada yang mengalami peningkatan juga ada beberapa mengalami penurunan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Dian Kusdian S.IP, MM, Senin (17/01/2022).

Ia menjelaskan, di tahun 2021 angka kunjungan wisata mencapai 650 ribu orang, terdiri dari pengunjung wisata religius, pengunjung wisata budaya, hiburan, alam dan lainnya.

“Itu semua mayoritas kunjungan yang berada di kabupaten Ciamis, ini terbagi dua yaitu, kepada Wisata Religi dan Wisata Alam,” ungkap Dian.

Ia menyebut, Ciamis punya wisata religi Panjalu dan Situ Lengkong beserta alam rindangnya. Selain itu, tatar galuh memiliki panorama indah dari mulai sungai, pegunungan, agro alam yang didesain untuk camping.

“Pengunjung wisata alam, kita mengalami kenaikan di sekitar angka 65 %, tapi di sektor kuliner, waterbom dan hiburan penurunan cukup drastis dan cukup lumayan,” terang Dian.

Ia mengaku, sejumlah objek wisata di Kabupaten Ciamis saat ini memang sedang dalam penataan oleh pemdes, wisata ada yang ditata oleh Pemerintah Kabupaten.

Adapun, khusus yang ditata oleh pemerintah desa ini kebanyakan menjual alam yang potensi diwilayahnya. Sedangkan, yang ditata oleh swasta banyak beralih kepada cafe dan alam.

“Jadi, mereka swasta memiliki pemikiran pemikiran untuk mengembangkan membaca potensi wisata alam di kabupaten Ciamis,” tutur Dian.

Untuk pengembangan wisata, Pemkab Ciamis uji coba objek Situ Wangi yang ada di Kawali yang merupakan wisata buatan dengan harapan kedepannya bisa menarik pengunjung yang berdampak pada pendapatan asli daerah.

“Total jumlah destinasi wisata di Ciamis sekitar 46 tempat yang dikelola oleh Kabupaten Ciamis, Swasta dan Desa,” beber Dian. Semoga, target kita satu juta pengunjung di tahun 2022 bisa tercapai,” tandasnya. Wan.K

Related posts