Tersambar Petir, Rumah Juariah di Kp Babakan Muncang Alami Kerusakan

23,607 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, diguga petir awalnya menyambar antena TV | Jang

Kab, Wartatasik.com – Rumah Ibu Juariah (76) di Kp Babakan Muncang Rt 002 RW 004 Desa Cisaruni Kecamatan Padakembang Kab Tasikmalaya tersambar kilatan petir. Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 15.25 Wib saat
hujan deras disertai petir.

Salah seorang warga setempat Andi Oktiandi melaporkan musibah tersebut ke Koramil 1212/Cisaruni, lalu sekitar pukul 16.35 Wib Babinsa Desa Cisaruni Sertu Adhe Irham M langsung mendatangi lokasi kejadian dan memberikan pengamanan batas agar masyarakat tidak mendekati atau memegang aliran listrik disekitar karena beresiko dapat timbul korban sengatan listrik.

“Insiden tersebut diakibatkan dari derasnya hujan disertai alunan petir yang begitu dahsyat, diduga petir menyambar melalui antena TV,” ucap Sertu Adhe.

Ia pun langsung berkoordinasi dengan pemerintahan Desa Cisaruni dan Kecamatan Padakembang agar kejadian ini segera dilaporkan secara tertulis ke BPBD Kabupaten Tasikmalaya dan ke PLN.

Sertu Adhe menyampaikan kepada masyarakat, agar lebih waspada dengan adanya kejadian seperti ini, karena di musim hujan tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal serupa seperti yang menimpa rumah Ibu Juariah.

“Saya himbau masyarakat ketika hujan datang, agar tidak menggunakan barang-barang elektronik karena sangat membahayakan serta menjauhi barang yang mengandung logam seperti pagar, bangku besi. Pastikan untuk selalu mematikan alat elektronik dan tak memainkannya ketika hujan dan petir terjadi,” paparnya.

Dampak hembusan petir mengakibatkan, dinding rumah retak, kaca pecah serta sebagian atap rumah hancur. Adapun barang elektronik seperti televisi, antena, dan meteran listrik juga rusak. Selain itu efek kilatan petir sebabkan listrik lima rumah belum bisa menyala. Jang.

Related posts