Dalam Kunjungannya ke Pasir Bokor, Susi: Stunting Jabar Lebih Rendah Banding Daerah Lain

 4,943 total views

Nampak Wali Kota Tasikmalaya mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti | Blade

Kota, Wartatasik.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berkunjung Kota Tasikmalaya untuk bersilaturahmi dengan para santri Ponpes Al Munawar Pasir Bokor RT/RW: 05/01 Kel. Cipawitra, Kec. Mangkubumi.

Selain itu, kunjungan kerja Menteri yang dikenal nyentrik ini dalam rangka meningkatkan konsumsi makan ikan melalui program GEMARIKAN sebagai sarana menangggulangi persoalan stunting dan gerakan masyarakat untuk sadar mutu dan karantina ikan.

Susi mengatakan, persoalan stunting di Indonesia itu perlu penentasan dari Pemerintah, sebab masyarakatnya tergolong rendah dalam mengkonsumsi ikan. Itulah kenapa lanjutnya, rakyat Indonesia masih terdapat orang yang berpostur kuntet (pendek,red).

“Kan malu, negara asia seperti Japan dan Cina sudah tinggi-tinggi, orang kita masih 1 dari 3 anak masih ada yang postur pendek,” ujarnya kepada wartatasik.com, Senin (08/04/2019).

Menurut Susi, persoalan stunting ini paling banyak di tempat yang konsumsi ikannya rendah, contohnya Jawa Tengah (Jeteng) dan Jawa Timur (Jatim) padahal wilayahnya pinggir pantai, tapi kurang makan ikan.

“Tidak seperti Jawa Barat yang budidaya ternak ikan, disini (Tasikmalaya, red) pasti makan pais (pepes) ikan mas, tambak, nila,” tukasnya.

Tambah Susi, setiap rumah di Tasikmalaya maupun Ciamis selalu ada kolam ikan, tak heran angka stunting di Jawa Barat tidak setinggi di wilayah Jawa lain.

“Makanya saya prioritaskan berkunjung ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sebagai anak daerah juga saya kunjungi Jawa Barat apalagi 6 bulan lagi 20 Oktober 2019 selesai jadi menteri,” pungkasnya.

Dalam kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan itu nampak hadir turut mendampingi Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman, Camat Mangkubumi, para Lurah, Pimpinan Pondok Pesantren dan para santri Al Munawar. Blade

Foto bersama menteri dan wali kota beserta tamu undangan | Blade
Foto bersama dengan para santri Ponpes Al Munawar Pasir Bokor RT/RW: 05/01 Kel. Cipawitra, Kec. Mangkubumi | Blade
Foto bersama dengan pengurus Ponpes Al Munawar Pasir Bokor RT/RW: 05/01 Kel. Cipawitra, Kec. Mangkubumi | Blade

Related posts