Pemasangan bronjong sebagai penguat abutment tinggal finishing | Asron

Kota, Wartatasik.com – Jembatan Gobang Singkup merupakan akses jalan yang menghubungkan daerah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

Keberadaan jembatan tersebut dinilai vital bagi masyarakat setempat sebagai jalur alternatif terdekat untuk menjalankan aktifitas ekonomi.

Lantaran itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sangat serius memperhatikan kelayakan jembatan.

Kasi Pembangunan Bid Jalan dan Jembatan Dinas PUPR, Rino Isa Muharam mengatakan, pihaknya sudah memperbaiki jembatan Gobang Singkup untuk dilalui dan memudahkan akses transportasi menuju kabupaten.

“Perbaikannya sudah mencapai 85 persen. Diantaranya bantalan sudah dipasang baru, lalu tangan-tanga jembatan dicat. Dan abutment diperkuat dengan memasang bronjong, tinggal finishing” ungkapnya saat ditemui Wartatasik.com, Rabu (02/0/10/2019).

Klik berita terkait >>> Perbaiki Jembatan Gobang, Rino: Kondisinya Rusak Parah, Harus Bangun Baru

Pemasangan bantalan dan pengecatan tangan tangan Jembatan telah selesai | Asron

Rino mengaku sudah mengajukan permohonan anggaran ke Pemerintahan Provinsi Jawa Barat agar jembatan tersebut dibuat permanen sehingga nyaman digunakan masyarakat.

“Maunya terlaksana tahun 2020, tapi itu gimana anggaran Bantuan Provinsi (Banprov) termasuk kemarin mendorong yang Leuwibudah,” jelasnya.

Selama ini tambah ia, Pemkot Tasikmalaya selalu menganggarkan dana pemeliharaan jembatan Gobang Singkup.

“Dan selalu mengusulkan ke provinsi, dan pada kesempatan FGD serta melalui forum forum pertemuan lainnya, seperti halnya Kopdar Gabungan atau Kopgad,” katanya.

Adapun terkait pembebasan lahan, Rino menyebut Kepala Dinas PUPR (Adang Mulyana, red) sudah berbicara dengan Kepala Bidang di Dinas PUPR Kab Tasikmalaya.

“Namun belum fiks, karena harus bertemu langsung dengan Kepala Dinasnya. Pak Kadis juga sudah berkomunikasi dengan pihak Balai dan Kepala Dinas Binamarga Provinsi Jawa Barat,” pungkasnya. Asron.

Kasi Pembangunan Bid Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kota Tasikmalaya Rino Isa Muharam | Asron