Afrudin seorang pelaku seni rupa asal Tasikmalaya gelar workshop bersama para guru dari berbagai sekolah yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Kota Tasikmalaya | Siska

Kota, Wartatasik.com – Berbekal ilmu yang dikembangkan diluar negeri tepatnya di Jerman, Afrudin seorang pelaku seni rupa asal Tasikmalaya gelar workshop bersama para guru dari berbagai sekolah yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Kota Tasikmalaya, Rabu (30/01/2019).

Ditemui wartatasik.com, Afrudin menceritakan, saat terbang ke Jerman, ia mengajar di salah satu komunitas rekannya yaitu Mr Wasco. Karena kepiawaiannya Afrudin diminta jadi asisten Mr Wasco.

“Saya juga mengajar SMP dan SLB di Jerman dan beberapa kali menggelar Pameran Tunggal. Pengalaman di Jerman dirasa sangat asik karena seniman Tasikmalaya bisa ikut diundang yang menjadi kebanggaan tersendiri,“ imbuhnya.

Mr. Wasco di acara workshop seni di SMKN 3 Tasikmalaya | Siska

Sementara itu, Mr. Wasco menuturkan, saat di Jerman, Afrudin membuat kejutan, pasalnya ia pernah memberikan salah satu teknik yang sebelumnya belum terpikirkan oleh pelaku seni di Jerman.

“Dari situ juga orang seni disana menamainya Afrudin Technique,“ orang Jerman sangat terbuka menerima masukan dari luar, apalagi Indonesia,“ katanya.

Sebab itu tambah Wasco mengakui Tasikmalaya memiliki potensi dalam hal seni lukis, bahkan dirinya pun memiliki respek lebih terhadap difabel yang sebenarnya mampu membuat karya wood cutting.

“Sudah beberapa kali saya sering memberikan bantuan kepada SLB yang ada di Tasikmalaya dengan tujuan membantu pengembangan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus,“ tandasnya. Siska.