Gebyar KIB, Edukasi Pertumbuhan Anak di Desa Pekemitan Kidul

 6,450 total views,  2 views today

Nampak para ibu seksama menyimak pemaparan terkait tumbuh kembang anak dan stunting | Awen

Kab, Wartatasik.com – Kelas Ibu Balita (KIB) merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya kesehatan.

Program ini biasa dilaksanakan setiap satu bulan sekali oleh bidan desa, namun gebyarnya dilaksanakan setahun sekali.

Seperti yang dilaksanakan Bidan Desa Pakemitan Kidul Yayu Yulianti yang usai mengadakan gebyar KIB yang berlangsung di Gor Desa Pakemitan Kidul Kec. Ciawi Kab. Tasikmalaya, Jumat (17/12/2019).

Bidan Desa Pakemitan Kidul Yayu Yulianti mengatakan, peserta gebyar KIB sekitar 30 orang ibu balita, 33 kader kesehatan 33 orang yang dihadiri langsung Kepala Desa Pakemitan I Suherman.

Bidan Desa Pakemitan Kidul Yayu Yulianti | Awen

“Saya berharap diadakan kegiatan ini kader kesehatan dan ibu balita tahu bagaimana cara pencegahan dan penanggulangan terhadap anak yang mengalami gangguan pertumbuhan atau berkembanganya terhambat (Stunting),” ucapnya.

Selain menghadirkan ahli gizi dari Puskesmas Ciawi Ester, dalam gebyar KIB ini juga dilakukan pembagian makanan tambahan terhadap bayi gizi buruk dan gizi kurang.

Sementara itu, Kepala Desa Pakemitan Kidul I Suherman menuturkan, gebyar KIB ini merupakan berkah bagi para ibu, karena tidak semua bisa mengikuti acara ini.

Apalagi terangnya, yang mengikuti kegiatan ini hasil dari sebuah pemeriksaan secara fisik yang rajin datang ke posyandu dengan ciri-ciri fisiknya menandakan kekurangan gizi.

“Saya liat para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena manfaatnya sangat besar sekali bagi masyarakat untuk lebih tau wawasannya serta bagaimana cara pencegahan dan penanggulangan stunting. Awen

Related posts