Ketua Praktek Kerja Lapangan (PKL) Poltekkes Tasikmalaya Melia Shinta merasa senang, sebab kegiatanya itu mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti partisifasi dosen | Blade

Kota, Wartatasik.com – Mahasiswa dari Polteknik Kesehatan (Poltekes) laksanakan kegiatan bakti sosial (Baksos) pendampingan pemberdayaan dan pengembangan di Madrasah Darul Falah RT/RW. 02/03 siaga aktif Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kamis (07/03/2019).

Ketua Praktek Kerja Lapangan (PKL) Poltekkes Tasikmalaya Melia Shinta merasa senang, sebab kegiatanya itu mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti partisifasi dosen, pusksemas serta masyarakat hingga terlaksana sukses.

“Alhmdulillah responnya sangat baik, sepertinya mereka (warga-red) mendukung kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa Poltekkes ini,” ujarnya kepada wartatasik.com.

Kegiatan Bakti Sosial yang digelar Poltekes Tasikmalaya | Blade

Adapaun baksos yang dilaksanakan Mahasiswa PKL Poltekes tersebut adalah donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis, periksa tensi dan golongan darah. Melia pun mengaku sebelum kegiatan donor darah, pihaknya solialisasi dulu ke masyarakat untuk menjelaskan manfaat bagi kesehatan tubuh buat pendonor darah.

“Dan pas dijelaskan tentang manfaat donor darah, warga antusias daftar menjadi pendonor. Kami berharap, usai mengikuti kegiatan ini warga di RW 03 Kelurahan Sukamanah meningkatkan lagi dalam menjaga kesehatannya,” harap Melia.

Para penyelenggara baksos dari mahasiswa Poltekes Tasikmalaya | Blade

Sementara itu, Kepala Puskesmas Cigeureung H. Ajang menuturkan, mahasiswa PKL Poltekes sudah tiga minggu membina masyarakat mulai dari pendataan, pemeriksaan jentik hingga berkolaborasi dengan masyarakat untuk menjaga kesehatan.

“Saya ucapkan terimakasih, karena kehadirannya sangat membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan,” imbuhnya.

Ajang menginginkan, kegiatan bakti sosial tersebut terlebih donor darah terus berlanjut untuk mencukupi suplai darah, apalagi berdampak positif mengedukasi masyarakat yang mendonor.

“Biasanya stok darah selalu kurang, jadi kalau ada acara donor darah gini kan enak,” pungkasnya. Blade.