Grab dan Pemkot Tasik Perangi Covid-19 Melalui Gerakan #KitaVSCorona, M Yusuf: Ini Langkah Baik

4,857 kali dilihat, 18 kali dilihat hari ini

Wakil Wali Kota HM Yusuf bersama Grab membagikan masker bagi masyarakat sepanjang Jl HZ Mustofa | dok Grab

● Program pencegahan dan perlindungan kesehatan dan keselamatan baik pelanggan
maupun mitra pengemudi di seluruh layanan Grab di Tasikmalaya
● Bersama Pemerintah Kota Tasikmalaya, membagikan ribuan masker kepada masyarakat
kota Tasikmalaya
● Memperkenalkan Pemesanan Tanpa Kontak untuk GrabFood dan GrabExpress di
Tasikmalaya…

Kota, Wartatasik.com Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan kepada masyarakat Indonesia untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah guna mengurangi resiko penularan virus Corona.

Untuk memerangi pandemik COVID-19 diperlukan kolaborasi seluruh lapisan masyarakat, sedangkan bagi para lini terdepan Grab Indonesia dibutuhkan keberanian untuk bergabung dalam gerakan #KitaVSCorona yang diluncurkan di berbagai kota di seluruh Indonesia termasuk diantaranya wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya.

Bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tasikmalaya, Grab membagikan ribuan masker kepada Masyarakat di sepanjang Jln HZ Mustofa yang merupakan salah satu area vital di Tasikmalaya.

Pembagian masker ini diprioritaskan terlebih dahulu bagi masyarakat pengguna jalan yang melintasi daerah tersebut guna melindungi diri dari resiko terinfeksi virus.

Menurut Wakil Wali Kota Tasikmalaya H M Yusuf mengatakan bahwa Pemerintah Kota Tasikmalaya hingga saat ini senantiasa mengimbau masyarakat agar beraktivitas dari rumah untuk memutus rantai penularan dan meminimalisir resiko pemaparan virus COVID19.

“Tetapi bagi masyarakat yang tetap harus beraktivitas keluar rumah Kami himbau agar selalu memperhatikan aspek pencegahan” ujarnya

Menurutnya, langkah yang diusung oleh Grab ini merupakan langkah yang baik, khususnya saat masker telah menjadi komoditi langka di masyarakat. “Kami mengapresiasi inisiatif Grab dalam membantu pemerintah Tasikmalaya mensosialisasikan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus di tengah situasi pandemi ini” tutupnya.

Pamflet Gerakan #KitaVSCorona | dok Grab

Sementara itu, Mawaddi Lubby, Partner Engagement Strategy Lead, Jawa Barat, Grab Indonesia.Grab sangat mengapresiasi para mitra pengemudi, pengantaran dan juga merchant Grab, karena mereka telah menjadi pahlawan yang membantu keseharian kita, yang terus melayani masyarakat Tasikmalaya khususnya saat situasi pandemik ini.

“Oleh karena itu untuk menunjang tugas mulia mereka, Kami menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta paket dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan dan keberlangsungan hidup mereka” jelasnya, Kamis (26/03/2020).

Terangnya, dasar pemilihan lokasi dimaksud merupakan hasil koordinasi dengan Pemerintah Kota Tasikmalaya, mengingat area tersebut dinilai masih cukup ramai dilalui oleh pengendara dibanding daerah lainnya kendatipun adanya himbauan untuk Social Distancing dan beraktifitas dari rumah oleh Pemerintah.

Untuk keamanan dan kenyamanan dalam pemesanan melalui jasanya Mawaddi menerangkan bahwa inisiatif diatas melengkapi berbagai inisiatif #KitaVSCorona yang telah diluncurkan secara nasional yang diantaran ya terdiri dari:
1. Fitur Pemesanan Tanpa Kontak untuk layanan GrabFood dan GrabExpress: Sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan dan mitra pengantaran, kami telah memperkenalkan Pemesanan Tanpa Kontak bagi pelanggan dan mitra pengemudi. Pelanggan GrabFood dan GrabExpress dapat mengikuti panduan Pemesanan Tanpa Kontak yang tersedia dalam aplikasi atau dengan mengikuti tiga langkah mudah berikut:

  • Informasikan mitra pengantaran untuk meletakkan pesanan di luar pintu atau lokasi tertentu seperti resepsionis gedung jika diizinkan oleh manajemen gedung yang bersangkutan.
  • Mitra pengantaran akan memberitahu pelanggan saat mereka telah tiba di lokasi pengantaran, meletakkan pesanan di tempat yang telah ditentukan dan menunggu pelanggan untuk mengambil pesanan dimana mereka akan berdiri setidaknya 2 meter dari pesanan tersebut.
  • Kami sangat menyarankan pelanggan untuk memilih pembayaran non-tunai. Jika penggunaan uang tunai tidak dapat dihindari, pelanggan dapat meletakkan uang tersebut di dalam amplop dan menaruhnya di tempat pesanan yang telah ditentukan sebelumnya.

“Selajutnya, Edukasi pencegahan COVID-19 bagi mitra merchant GrabFood: Kami juga telahmelakukan edukasi tentang pentingnya kebersihan makanan dan menyusun pedoman baru kepada para mitra merchant untuk  endorong penggunaan jaring rambut, masker bedah dan sarung tangan ketika menyiapkan hidangan, serta mencuci tangan secara teratur selama 20 detik dan melakukan penyemprotan desinfektan ke area kerja mereka secara teratur sebelum dan sesudah mempersiapkan makanan. Mitra pengantaran juga dihimbau untuk mencuci
tangan mereka secara teratur, membersihkan tas GrabFood mereka secara berkala dengan cairan desinfektan, dan menerapkan metode pengantaran tanpa kontak setiap waktu,” katanya.

3. Mitra Pengemudi dan pengiriman adalah tulang punggung platform Grab tambah Lubby, pihaknya juga telah mempersiapkan paket GrabCare untuk memberikan bantuan keuangan dan medis kepada mitra pengemudi Grab jika diantara mereka ditempatkan pada karantina yang dimandatkan otoritas kesehatan publik/pemerintah, atau telah dites positif terhadap COVID-19.

“Ke-4. Menghubungkan masyarakat dan bisnis dengan GrabExpress: Dengan semakin banyaknya bisnis yang  mengimplementasikan kebijakan untuk bekerja dari rumah, dan semakin banyak masyarakat Indonesia yang berdiam di rumah, kami memperluas jaringan GrabExpress kami melalui kerja sama dengan Ninja Xpress. Pelanggan dapat menggunakan layanan pengiriman on-demand Ninja Xpress di aplikasi Grab dengan jangkauan pengiriman dari Jabodetabek menuju Bali, Sumatra, Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi dan
Papua dengan tarif yang terjangkau,” tambahnya.

Menurut Lubby, Grab juga akan terus berupaya untuk terus mengadakan program pencegahan dan
menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat agar resiko penularan dapat semakin diminimalisir,
setidaknya hingga situasi pandemi ini mereda.

“Dalam situasi serba tak pasti ini, sebagai aplikasi serba bisa di Indonesia, Grab memiliki kewajiban untuk memastikan seluruh lini layanan berjalan dengan resiko yang lebih minim bagi seluruh pelanggan maupun lini mitra yang kami layani dan dukung dalam platform Grab” tutup Lubby. Asron

Grab bersama Wakil Wali Kota Tasikmalaya HM Yusuf diruang kerjanya | dok Grab

Related posts