Foto Istimewa

Regional, Wartatasik.com Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah mencanangkan program Desa Digital yang akan dipasang di tiap desa. Pemprov pun akan menyuguhkan akses secara bebas sehingga masyarakat Jawa Barat bisa berselancar di dunia maya untuk mengakses informasi internet melalui jaringan wireless fidelity (WiFi) dengan cuma-cuma alias gratis.

Informasi tersebut di unggah dalam akun instagramnya @ridwankamil. “Melalui program @desadigitaljabar ini, makin banyak #DesaDigital di Jabar yang melek teknologi dan memanfaatkan internet untuk akses informasi, jual beli dan berinovasi menjadi tumpuan #JabarJuara yang Sejahtera,” cuit Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil.

Dijelaskan Kang Emil, program desa digital adalah kerjasama Pemprov Jabar dengan Bakti Kominfo. Adapun lanjutnya, pemasangan WiFi gratis akan segera dimulai untuk ratusan desa.

“Ayo kabari kami desa mana yang perlu Wifi gratis. Infrastruktur wifi gratis ini untuk ratusan desa #JabarJuara ini akan segera dimulai. Sebuah kerjasama tiki taka cantik.” tukas Kang Emil.

Berikut ini cuitan Kang Emil, “Silakan warga Jabar rekomendasikan melalui form ini bit.ly/wifidesajabarjuara, lokasi kampung halaman atau desa yang pernah dikunjungi, yang tergolong ‘desa tertinggal secara akses informasi. Sertakan juga rekomendasi lokasi yang bisa dipasang fasilitas ini, termasuk pesantren, sekolah, kantor desa, puskesmas, dan ruang publik, beserta alasan mengapa desa dan lokasi tersebut membutuhkan dan bisa memanfaatkan fasilitas ini.” katanya

“Selanjutnya laporan akan diverifikasi untuk memilih desa dan lokasi yang sesuai. JABAR sedang ngabret menuju #JabarJuara.” tandasnya. Redi