Lawan Rentenir, Ridwan Kamil Akan Luncurkan Kredit Berbunga 0 Persen

 2,704 total views

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil | Dok. Net

Regional, Wartatasik.com Salah satu permasalahan yang banyak menimpa masyarakat miskin/pra sejahtera di daerah adalah terjerat utang atau minimnya akses pembiayaan. Bahkan, tak jarang masyarakat miskin harus meminjam ke rentenir dengan bunga tinggi.

Melihat kondisi ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuat terobosan pembiayaan untuk masyarakat miskin dan berpenghasilan rendah.

Program yang diluncurkan adalah kredit mesra. Program ini telah berjalan selama satu tahun dan banyak dirasakan manfaatnya di Bandung. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini pun akan memperluas program kredit mesra.

Mantan Walikota Bandung ini mengatakan kredit mesra ini nantinya diberikan tanpa bunga dan agunan. Semua masyarakat pra sejahtera cukup datang ke masjid atau tempat ibadah lain untuk memperoleh akses pembiayaan kredit mesra.

“Warga Jawa Barat yang miskin/pra sejahtera, berkesusahan, terjerat utang ke rentenir dan butuh modal usaha cukup datang ke Masjid. Tanpa bunga berbunga. Tanpa agunan. Kredit BJB Mesra akan rilis bulan depan. Warga cukup datang ke Masjid di desa atau kampungnya dan disetujui oleh pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) via smartphone. Sisanya Bank BJB yang akan tindak lanjuti. Pinjaman untuk 1 tahun. Hal serupa juga sedang disiapkan untuk penganut agama lainnya melalui rumah ibadahnya masing-masing,” kata Kang Emil dalam akun instagram-nya, Senin (8/10).

Kang Emil memang sengaja memilih tempat ibadah sebagai penyaluran kredit. Hal ini dia katakan agar seluruh masyarakat bisa lebih religius dan lebih rajin datang ke tempat ibadah.

“Dulu hidupnya susah dan mungkin jarang ibadah, setelah program ini menjadi warga yang lebih religius dan lebih sejahtera,” tambahnya.

Sebelumnya, program kredit mesra ini diluncurkan di Kota Bandung yang dikelola oleh Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Bandung. Sekitar 4.000 masjid di Kota Bandung akan menjadi penyalur kredit dalam program tersebut.

Melalui program ini, warga di Jawa Barat nantinya bisa mengajukan kredit untuk usaha kecil dengan nilai Rp 1 juta hingga Rp 30 juta dengan syarat menyerahkan KTP, Kartu Keluarga dan kelengkapan administrasi lain. kumparan.com | Wartatasik.com

Related posts