wartatasik,berita terkini,regional,ciamis,tasikmalaya | Wan K.

Ciamis, Wartatasik.com – Gapoktan berikut Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti usai melaksanakan kegiatan teleconference Pos Penyuluhan Desa (Posluhdes) tingkat Propinsi Jawa Barat, yang digelar di Kantor Desa Sukamaju secara langsung lewat komunikasi icon.

Salah satu Penyuluh Desa, Ade Irwan Hermawan menjelaskan, kegiatan teleconference Posludes adalah untuk pemberdayaan kelompok dari setiap kelompok tani dan dimunculkanlah kegiatan ataupun yang sudah dianggap petani maju.

“Sekaligus untuk ditampilkan dan saling berdiskusi sehingga memotivasi petani petani yang lainnnya,” ujarnya kepada wartatasik.com, Kamis (27/06/2019).

Lanjut Ade, dalam program kelompok ini yang diunggulkan Desa Sukamaju diantaranya kopi gunung sawal dari KWT gula aren hasil olahan makanan, Holtikultura cabe, tomat dan sayuran yang lain

“Secara langsung pihak Dinas Provinsi Jawa Barat tanya jawab dengan para petani melalui komunikasi icon,” paparnya.

Sebagai penyuluh Ade merasa bangga karena kini petani harus lebih melek informasi teknologi jadi melalui Posluhdes dan program Jamkomluh bisa bermanfaat bagi para petani untuk menambah ilmu dan wawasan.

“Saya berharap kedepannya Pemerintahan Kabupaten Ciamis ataupun Provinsi memberikan bantuan untuk pembangunan mengenai sarana pasarana pembangunan sekertariat kelompok tani agar setiap kegiatan tidak bingung,” harapnya.

Ditempat yang sama Kades Sukamaju Dede Engkuh besyukur Gapoktan dan KWT nya bisa mewakili kabupaten Ciamis untuk maju ketingkat Provinsi.

Hal itu terang ia, untuk motivasi semua dengan adanya grand final Kabupaten Ciamis yang diwakili Desa Sukamaju menjadi nominasi tingkat provinsi di bidang pertanian.

“Kami berharap untuk warga Desa Sukamaju dapat lebih meningkatkan lagi bidang pertanian demi meningkatkan lagi ekonomi masyarakatnya. Wan K.