Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, menghadiri Reuni Akbar Mahasiswa Jurnalistik UIN SGD Bandung, Minggu (6/1/2019). Dok Humas Pemprov Jabar

Regional, Wartatasik.com “Sekarang bencana tambah, setelah bencana alam, ada bencana hoaks, ini berbahaya, merusak tatanan sosial masyarakat, terutama di Jawa Barat,” hal itu dikatakan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri acara Reuni Akbar Mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Minggu (6/1/2019).

Dalam acara tersebut diusung tema ‘Hantam Hoax’ yang mendapat apresiasi dari Uu Ruzhanul Ulum.

Dikatakan Uu, tema yang diangkat sejalan dengan program yang dijalankan Pemprov Jabar untuk menghamtam hoaks. Pasalnya, beberapa waktu lalu, Pemprov Jabar juga meluncurkan Jabar Saber Hoaks untuk mengonfirmasi fakta di balik berita hoaks yang tersebar.

“Karena dengan hoaks banyak yang dirugikan, bukan hanya politisi, calon pemimpin, tapi juga masyarakat kecil, dirugikan dengan hoaks,” ujar Uu.

Ia juga berharap kepada alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung dapat membantu pemerintah dalam menghantam hoaks.

Diterangkan Uu, selama kuliah, ilmu jurnalistik yang dipelajari akan berguna bantu masyarakat membedakan berita asli dan berita hoaks.

“Harapan kami, kegiatan ini bukan hanya seremonial. Tetapi karena banyak alumni Jurnalistik UIN yang menjadi wartawan dan menjabat kewenangan di berbagai media, dapat membantu program pemerintah untuk hantam hoaks,” ujarnya.

Dalam acara itu, Uu juga menandatangani komitmen hantam hoax di atas papan berwarna putih. tribunjabar | wartatasik.com

BAGIKAN