Kembali TTD Temukan Artefak Berupa Serpihan Keramik Kuno di Indihiang

 4,408 total views

Salah satu keramik yang baru ditemukan | Asron

Kota, Wartatasik.com Setelah temuan artefak berupa perkakas rumah tangga diantaranya, gerabah, keramik dan lainnya di Kel. Tamanjaya Kec. Tamansari, Komunitas Tasikmalaya Tempo Doeloe (TTD) kembali menemukan sebaran keramik kuno kali ini di temukan di Kel Sirnagalih Kec. Indihiang Sabtu ( 04/08/2018) sebagaimna telah dilansir media Online Wartatasik.com belum lama ini.

Penemuan tersebut disampaikan langsung oleh ketua Hendar Cunay. Ia menuturkan, selain penemuan serpihan keramik itu, TTD juga berhasil menyerap informasi dari salah satu penduduk asli daerah tersebut IWan (47).

Berita Terkait >>> https://www.wartatasik.com/wartatasik-sosial-budaya-penelusuran-ttd-terhadap-temuan-artefak-di-pemukiman-kuno-tamanjaya/

Bahwa menurutnya, lanjut Cunay, dari cerita orang tuannya di lokasi penemuan sebaran keramik tersebut dulu pernah di temukan Dua buah Arca (patung)

“Namun sayangnya, keberadaan dua arca tersebut keberadaanya sekarang entah dimana, dan sulit sulit dilacak..” tutur Cunay meniru ucapan Iwan. Bentuk arca tersebut, katanya lagi, sangat sederhana sebesar betis orang dewasa.

Serpihan-serpihan yang kembali ditemukan | Asron

Kembali ke penemuan keramik, Cunay mengatakan untuk memastikan jenis keramik dan tahunnya, TTD mengharapkan kepada Disporabudpar Kota Tasikmalaya agar segera menerjunkan tim Ahli Arkeologi ke lokasi, “Karena menurut kami, tidak menutup kemungkinan akan ditemukan artefak lainnya di area itu,” ujarnya.

Salah satu temuan | Asron

Pihaknya, lanjut Cunay, akan terus mendorong pihak dinas, agar serius dalam melestarikan benda-benda sejarah kami dari TTD, “Kami hanya sebuah kumunitas peduli cagar budaya Tasik, tentu saja kewenangan dan ilmu kami sangat terbatas. Untuk itu kami mengharapkan kepada Dinas menurunkan ahli arkeologi, agar benda-benda peninggalan leluhur kita dapat dilestarikan dan menjadi warisan budaya tentunya,” tandas Cunay. Asron

Related posts