Yayasan Sunda Ngahiji Sudah Merambah Keluar Daerah

 10,199 total views

Anggota Yayasan Sunda Ngahiji di Sancang, Garut | Redi

Kota, Wartatasik.com – Beragamnya suku bangsa Indonesia menjadi corak tersendiri bagi negara Indonesia. Namun, di era globalisasi sekarang ini, kekhawatiran akan pudarnya nilai budaya lokal membuat beberapa orang membuat komunitas berbasis kesukuan.

Salah satunya Yayasan Sunda Ngahiji yang berdiri di Tasikmalaya. Beberapa kegiatan sudah digelar oleh komunitas ini, tentunya dengan menampilkan budaya dan seni Sunda itu sendiri. Selain itu, kegiatan sosial pun sempat digelar Sunda Ngahiji dibeberapa kesempatan.

Ketua Umum Komunitas Sunda Ngahiji Kayat mengatakan tidak hanya di Tasikmalaya, komunitas Sunda Ngahiji pun sudah merambah ke daerah luar, seperti wilayah Garut yang kini sedang “Ngamumule” leuweung (Hutan) Sancang Garut yang menjadi salah satu tempat keramat bagi jatidiri sunda.

“Yayasan Sunda Ngahiji siap menancapkan Kesundaan buat anak cucu kita semua, mudah-mudahan kedepannya akan menyebar lagi ke tiap pelosok tanah air sehingga budaya Sunda sebagai jatidiri tidak akan lekang oleh waktu,” singkat ia kepada wartatasik.com, Kamis (30/09/2018). Redi

Related posts