Meja Pilkada Kab. Tasikmalaya Mantapkan Persiapan Pilgub Jabar 2018

 545 total views,  2 views today

Dok. Kominfo Kab. Tasik

Kabupaten, Wartatasik.com Mendekati hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (PILGUB) Jawa Barat 27 Juni 2018 mendatang, Meja Pilkada Kabupaten Tasikmalaya terus memantapkan pertemuan dengan Koordinasi yang berlangsung di Ruang Rapat Asisten Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya, Singaparna, Jumat (22/6/2118). Rapat dipimpin oleh Asisten Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya H.Ahmad Muksin, dihadiri oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tasikmalaya Deden Nurul Hidayat, Ketua Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya Heri Bimantoro, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Najmudin Azis, Kapolres Kabupaten Tasikmalaya Anton Soedjarwo, dan tidak ada SKPD Kabupaten Tasikmalaya yang menjadi anggota Meja Pilkada Kabupaten Tasikmalaya.

Menyatukan hal-hal yang berbeda pada pertemuan tersebut telah terdistribusikannya Surat Suara Tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di seluruh Wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Atas Profil KPUD Kabupaten Tasikmalaya Deden Nurul Hidayat, seluruh logistik Pilgub telah sampai di seluruh Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, dan siap didistribusikan ke setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebelum hari H pencoblosan. “Pada prinsipnya seluruh logistik pemilu sudah siap, tinggal kami menunggu acara berita acara C1 yang masih belum kami terima dari KPU Jawa Barat, seandainya formulir C1 belum kami dapatkan sampai hari H-1 pencoblosan, maka saya telah intruksikan untuk setiap PPK untuk mencetak softcopy formulir C1 dari KPUD Jawa Barat,” jelas Deden.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Kabupaten Tasikmalaya Anton Soedjarwo menegaskan kesiapan aparatnya untuk menjaga keamanan di setiap TPS diseluruh wilayah Hukum Polres Kabupaten Tasikmalaya, namun ia meminta agar seluruh anggota Desk Plkada khususnya jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya untuk membantu anggota kepolisian yang bertugas di lapangan. “Saya optimis Pilgub akan berjalan aman dan tertib sesuai dengan kalkulasi resiko yang telah kita perhitungkan, anggota kami akan dapat mengatasi masalah keamanan, tapi saya ingin mendapat kepastian bahwa aparat pendukung seperti satpol PP dan linmas dapat membantu kami di setiap TPS,“ tandasnya. Anton berpendapat ekses yang timbul seperti kericuhan akibat ketiadakpuasan karena tidak terakomodirnya hak pilih masyarakat dapat saja terjadi jika tidak diantisipsi dengan baik oleh KPUD.

Menjawab kehawatiran tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Najmudin Azis menegaskan bahwa pihaknya telah dapat memastikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang telah dilaksanakan oleh KPU telah sesuai dengan data kependudukan di Kabupaten Tasikmalaya. “Kami telah secara online meluncurkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik ke seluruh Kecamatan, kami optimis semua telah terdata dengan lengkap, bahkan kami menyasar ke masing-masing sekolah menengah untuk melakukan perekaman E-KTP, adapun masyarakat yang belum terlayani E-KTP kami juga telah memberikan Surat Keterangan (Suket) kependudukan sebagai E-KTP yang dapat diguakan untuk melaksanakan pencoblosan,“ paparnya.

Ketua Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda memerintahkan agar surat suara tambahan di setiap TPS agar benar-benar mencukupi pada saat pencoblosan berlangsung, sesuai dengan surat yang diperlukan untuk menantisipasi surat yang diperlukan pada saat Pilgub 100 persen diikuti oleh DPT di 3021 TPS di seluruh Kabupaten Tasikmalaya. Kominfo Kab/EQi

Related posts