10 MBR di Desa Cipacing Terima Program BSPS

 16,680 total views,  2 views today

Rata rata tiap pembangunan RTLH sudah mencapai 85 persen | Wan.K

Kab, Wartatasik.com – Desa Cipacing Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan gelontoran bantuan untuk 10 masyarakat berpengahasilan rendah (MBR).

Adapun bantuan tersebut berupa program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

MBR didefinisikan sebagai masyarakat yang mempunyai keterbatasan daya beli sehingga perlu mendapatkan dukungan pemerintah untuk memperoleh rumah yang layak sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2016.

Anggota Lembaga Komite Investigasi Negara Republik Indonesia (KIN RI)  Amal Saeful Badar melalui pesan WhatsApp mengatakan, bahwa hasil monitoring yang dilaksanakan pada 28 Juli 2020, dimana 10 MBR penerima manfaat tersebut melaksanaan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Penerima bantuan itu diantaranya di Kedusunan Cipacing Hilir sebanyak 7 unit rumah, Tanjung Hurip sebanyak 2 unit rumah dan Kedusunan Babakan Cikidang sebanyak 1 unit rumah. Rata-rata pelaksanaan pembangunannya sudah mencapai sekitar 85 persen,” ujar Amal Saeful Badar, Rabu (29/07/2020).

Diungkapkan Amal, sebagai pelaksanaan pembangunan program BSPS di Desa Cipacing tersebut layak dijadikan sampel, pasalnya sesuai juklak dan juknis serta bahan bangunan/material sesuai dengan standar.

“Sebagai mana yang di atur dalam UU Nomor 1/2011 tentang Perumahan Kawasan Pemukiman dan hasil verifikasi maka pembangunan RTLH yang di biayayi dari dana APBN melalui Kementrian PUPR sudah memenuhi sarat,” ungkapnya.

lanjut Amal, pelaksanaan pembangunannya melalui pengawasan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) atau Fasilitator, Kepala Desa Edi Sanjaya Randy Widia Noegroha, Babinsa Seda Muhammad Yusup, BPD, dan unsur masyarakat.

“Selain itu juga, sudah sesuai dengan UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) melibatkan berbagai elemen masyarakat dalam rangka mengawasi dan betul-betul transparan,” pungkasnya. Wan.K

Related posts