BPP Indihiang Monitoring Lokasi Embung di Kp Ranca Pasung Cibunigeulis

 29,958 total views,  4 views today

Monitoring BPP Indihiang ke lokasi Embung | Redi

Kota, Wartatasik.com – Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya monitoring pembangunan embung di Kp Ranca Pasung RT 01 RW 01 Kel Cibunigeulis Kec Bungursari.

Kepala BPP Indihiang Dodo menyebut, perhatian pemerintah Kota Tasikmalaya melalui dinas terkait yang berkaitan dengan pemanfaatan air atau mengidentifikasi mata air sangat bagus.

Pasalnya kata Dodo, nanti keberadaan Embung tersebut bisa dimanfaatkan untuk kelangsungan pengairan dalam bidang pertanian. Disamping itu pula, juga dapat dimanfaatkan apabila sudah dibangun untuk kebutuhan perikanan.

“Jadi Embung ini fungsinya ada multiguna, termasuk sumber mata air untuk minum juga, terlebih kandungan air disini tidak mengandung yang bermuatsn logam sehingga aman,” ungkapnya, Selasa (20/10/2020).

Ditambahkan Dodo, nanti di daerah lain di wilayah BPP Indihiang yang mata airnya perlu ditingkatkan diharapkan bisa dibangun, karena memiliki potensi yang sama.

“Insha Alloh, kalau anggaran ada, bisa diusulkan untuk sarana Embung. Diharapkan lebih berguna, bukan hanya dibangun saja,” harapnya.

Sementara itu, salah satu warga setempat Ema Solihin mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Tasikmalaya dan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan karena sudah memperhatikan sumber mata air.

“Sehingga nanti kami bisa memanfaatkan untuk penambahan kolam, sawah juga digunakan untuk kebutuhan rumah tangga,” ujarnya.

Selain itu terang Ema, masyarakat sekitar bisa memanfaatkan embung ini untuk air minum. Ia pun ingin pemerintah tidak hanya membangun kolam dan irigasi, tapi sumber air tidak diperhatikan.

“Harapan saya kedepan, sebagai masyarakat petani dan penanam ikan ingin lebih banyak mempergunakan Embung dibangun di setiap titik sumber mata air,” pungkasnya. Redi.

Related posts