Bupati Ciamis Sampaikan Jawaban LKPJ Tahun Anggaran 2020

 240,025 total views

Bupati Ciamis Sampaikan Jawaban LKPJ Tahun Anggaran 2020 | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sampaikan jawaban atas Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Ciamis terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2020 yang digelar di Aula Tumenggung Wiradikusumah DPRD Kabupaten Ciamis, Senin (29/03/2021).

Turut Hadir dalam Rapat Paripurna tersebut Wakil Bupati Ciamis, Sekretaris Daerah, Asiseten Daerah, Unsur Forkopimda Ciamis dan diikuti oleh seluruh OPD lingkup pemerintah Kabupaten Ciamis melaui Virtual.

Diketahui, LKPJ Bupati tahun 2020 merupakan pertanggungjawaban pada rencana pembangunan jangka menengah Daerah Kabupaten Ciamis tahun 2019-2024.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh fraksi yang telah memberikan perhatian yang begitu besar terhadap pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Ciamis.

“Berkenaan dengan pendapatan daerah TA 2020, PAD masih merupakan kontributor terkecil dengan pendapatan yang sah dan dana perimbangan,” kata Herdiat.

Menurutnya, hal tersebut menunjukkan bahwa keuangan kabupaten Ciamis memiliki ketergantungan yang masih tinggi pada pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi.

“Dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah, Pemerintah Kabupaten Ciamis telah melakukan upaya-upaya diantaranya meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan pendapatan daerah,” ucapnya.

Selain itu, Pemkab juga melaksanakan pengawasan dalam peningkatan PAD, melaksanakan penyempurnaan sistem pendapatan daerah serta melaksanakan sosialisasi kesadaran terhadap wajib pajak.

“Dalam kebijakan belanja daerah, pengelolaanya telah diarahkan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah yang dilakukan secara transfaran, profesional, dan akuntabel sehingga program kegiatan yang dilaksanakan memiliki nilai manfaat,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam penanganan pandemi Covid 19, Herdiat menuturkan Pemerintah Daerah telah membentuk gugus tugas percepaatan penanganan Covid 19 dan melakukan Refocusing APBD tahun anggaran 2020 sesuai keputusan bersama mendagri dan menteri kesehatan.

Terakhir, disampaikan Bupati dalam kesempatan tersebut sehubungan dengan PAD yang masih rendah, ia mendorong kepada semua OPD untuk melakukan terobosan-terobosan dan meningkatkan kegiatan pelaporan serta koordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi terkait pengalokasian program atau kegiatan serta pendanaannya.

Sebagai upayanya, Pemerintah Kabupaten Ciamis selalu berupaya menggali dan mengelola potensi unggulan daerah dengan memacu produk unggulan ciamis yang mampu memenuhi kebutuhan lokal maupun luar Kabupaten Ciamis serta mampu bersaing di pasaran.

”Kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, berkenaan dengan pandangan umum fraksi-fraksi DPRD yang menyatakan bahwa laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Ciamis tahun 2020 disetujui untuk dibahas,” tuturnya.

“Semoga kemitraan Pemerintah Kabupaten Ciamis dan DPRD dapat terus ditingkatkan dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang baik,” tutup Herdiat Wan.K.

Related posts