Cegah ‘Covid 19’ Warga Dusun Dukuh Panjalu Ciamis Gelar Ngaruwat Lembur

 10,981 total views,  2 views today

 

Ngaruwat Lembur ala warga Panjalu Ciamis | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – Unik, usir mars bahaya Warga Dusun Dukuh Desa Panjalu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis gelar kegiatan Ngaruwat Lembur (Tulak Bala), Selasa (13/10/2020).

Tokoh warga setempat Kang Aang Rankenek mengungkapkan, kegiatannya itu bertujuan mengusir bala, apalagi sekarang ada bala wabah Covid 19.

Lantaran itu, warga mengatasi wabah ini dengan cara tak biasa yaitu dengan melakukan Ngaruwat Lembur, sekaligus merupakan kegiatan rutinitas warga setiap tahun sekali di bulan Mulud sebagai ajang silaturahmi.

“Isi kegiatan Ngaruwat lembur untuk mengusir setiap bala, penyakit atau keburukan lainya di kampung kami,” terang Aang.

Warga kata ia, berkumpul di tengah kampung terus diadakan pengajian, tawasulan dilanjut kaum laki laki baik tua maupun muda untuk berbaris dan berjalan kaki menyisir mengelilingi kampung.

“Karena sebagian kampung Dukuh adalah Situ Lengkong, penyisiran, jadi berjalan kaki menyisir situ,” jelasnya.

Aang menambhakan, kaum laki laki di wajibkan fokus dengan membaca ayat ayat suci Al-Quran dan dilarang bertegur sapa di jalan dengan orang lain, sehingga tantangan warga itu di fisik maupun mental.

“Pemimpin atau pengantin barisan, setiap ada jalan masuk yang menuju kampung tersebut akan selalu menyirami air doa. Makanya kegiatan ini adalah hal yang unik, yang belum ada di tempat tempat lainnya,” pungkasnya. Wan.K.

Related posts