Dalam Rangka GNP, di Puncak Asih Gunung Sawal Ditanam Ratusan Bibit Pohon

 52,600 total views

Dalam Rangka GNP, di Puncak Asih Gunung Sawal Ditanam Ratusan Bibit Pohon | Wan.K

Ciamis, Wartatasik.com – Gerakan Pramuka Kwarcab Ciamis dan Karangtaruna Mekarjaya tengah menggelar Gerakan Nanam Pohon (GNP) sebanyak 201 pohon di lokasi Puncak Asih Gunung Sawal, Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Minggu, (21/02/2021).

Dalam kegiatan menanam ini, ada beberapa jenis pohon yang ditanam di antaranya 100 pohon Picung, 100 pohon Kawung atau Aren dan 1 pohon Gintung.

Ketua Karangtaruna Desa Padamulya Hery Rachmat merasa antusias dan sangat mendorong dengan adanya kegiatan gerakan penanaman pohon yang diprakarsai oleh ketua DPRD kabupaten Ciamis H.Nanang Hermansyah.SH.

“Kami sebagai ketua karangtaruna Mekarjaya dengan kegiatan ini sekaligus meninjau kondisi di kaki gunung Sawal di wilayah desa Padamulya, karena merasa khawatir melihat kondisi saat ini sudah banyak penggundulan pohon,” ungkapnya, Senin (22/02/2021).

Hery bersyukur, dengan pembaharuan pohon ini setidaknya untuk penahan tanah dan menyimpan kantong air di Kaki Gunung Sawal. Ia pun mengucapkan terimakasih kepada pimpinan DPRD kabupaten Ciamis, kepala desa Padamulya dan unsur Muspika Cihaurbeuti.

“Juga kepada unit kelompok Karang Taruna wisata Puncak Asih yang telah memfasilitasi dan menjaga kelestarian konservasi hutan di wilayah kaki Gunung Sawal dan gerakan Pramuka Kwaran Cihaurbeuti yang turut bersama menjaga kelestarian” ungkap Hery.

Ia berharap, kedepannya hutan gunung Sawal terjaga dengan sumber daya alamnya yang alami dan bisa bermanfaat untuk keperluan masyarakat di sekitarnya.

“Tak hanya itu, lahan wisata Puncak Asih juga harus mendorong kegiatan yang di laksanakan pengelola,” pungkasnya. Wan.K

Related posts