Kades Mandalamekar: Pemilihan Ketua APDESI Harus Obyektif

 9,791 total views

Kades Mandalamekar | Wan.K

Kab, Wartatasik.com – Sesuai dengan semangat di bentuknya Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tasikmalaya, eksistensinya adalah sebagai mitra pemerintah dan mempunyai makna sebagai sarana konsultasi dan pemersatu.

Menurut Kepala Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Alfie Akhmad Sa’dan Hariri mengatakan, mengingat fungsi dan tugas pokok APDESI dalam melaksanakan misi perjuanganya yang bersifat konsepsional dan karya nyata.

Strateginya kata ia, dituangkan dalam bentuk penyampaian pemikiran, saran dan gagasan APDESI kepada penentu kebijakan ditingkat pusat maupun ditingkat daerah dalam kaitannya dengan aturan undang-undang dan peraturan lain, serta kebijakan untuk kemajuan pemerintahan dan masyarakat pedesaan.

“Sedangkan strategi yang bersifat operasional, lebih mengarah kepada kepentingan nasib kepala desa dan perangkat desa seperti kedudukan keuangan, advokasi, dan penghargaan, yang secara langsung menyentuh kepentingan kepala desa beserta perangkatnya,” papar Aldie, Selasa (01/09/2020).

Lantaran itu terangnya, ketua dan pengurus APDESI harus lebih paham yang kemudian mampu mewujudkan apa yang di cita citakan dari awal, mengapa harus ada APDESI atau mengapa APDESI dibentuk.

“Dalam hal ini yang harus jadi dasar siapa seharusnya ada di puncuk pimpinan APDESI. Intinya siapa yang dianggap mampu mewujudkan cita cita tersebut. Saya tidak tau persis, siapa yang akan maju dan waktunya juga belum di tentukan,” ungkap Alfie.

Dirinya mengakui sempat mendengar bahwa Nandang Abdul Ajiz (kandidat balon ketua APDESI) dan tau yang bersangkutan, karena roadshow atau silaturahmi kepada para kades.

Namun Alfie menyebut, dalam setiap pemilihan apapun itu, harus objektif, sehingga tercipta pemilihan yang sehat dan harus jadi budaya, termasuk ketika mau memilih ketua APDESI.

“Kriteria seperti apa ketua yang dibutuhkan, agar terwujudnya harapan itu harus di buat dulu, baru kita buat nominasi, jadi enak,” saran Alfie.

Adapun terangnya, dalam mengukur kriteria, termasuk Nandang Abdul Ajiz, kalau ternyata sesuai, kenapa tidak. Karena desa merupakan ujung tombak pembangunan di daerah, maka bila terpilih nanti, harus mampu menjabarkan tujuan dibentuknya APDESI.

Intinya tambah Alfie, Nandang Abdul Ajiz harus mampu menjabarkan, kemudian mengaktualisasikan apa yang seharusnya dilakukan, sehingga tujuan dibentuknya organisasi APDESI dapat terwujud.

“Intinya siapapun yang jadi ketua APDESI harus mampu mengedukasi para kepala desa dan perangkatnya, agar tujuan bernegara yaitu mencapai kesejahteraan bersama dapat segera terwujud,” pungkasnya. Wan.K

Related posts