Keikutsertaan Kelompok 76 KKNT MBKM UPNVJT dalam Pembentukan POKDARWIS Kelurahan Alun-Alun Contong

 49,425 total views

Suasana Pembentukan Divisi di Kelurahan Alun-Alun Contong | dokpri

Surabaya, Wartatasik.comKepala Keluarahan Alun-Alun Contong Kota Surabaya,Noer Hidayat membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) pada selasa (7/06/2022).

Kegiatan ini sebagai tindaklanjut dari Kelurahan terhadap pembangunan dan pengembangan potensi wisata yang berada di Kelurahan Alun-Alun Contong.Wilayah Kelurahan Alun-Alun Contong merupakan wilayah yang terletak di tengah Kota Surabaya.

Wilayah ini memiliki potensi wisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar Kelurahan. Potensi tersebut antara lain adalah adanya gapura keraton,Pecinan dan bangunan-bangunan kuno.

Lebih lanjut setelah dilakukan kajian yang lebih mendalam kelompok KKNT 76 MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur banyak nilai sejarah yang terkandung dalam setiap tempat wilayah yang berpotensi wisata di Alun-Alun Contong.

Adanya potensi pariwisata yang ada di Kelurahan Alun-Alun Contong  Kepala Kelurahan Alun-Alun Contong , Noer Hidayat, membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis). “Untuk mendukung wisata di Alun-Alun Contong, maka perlu dibentuk pokdarwis untuk mengurus wisata tersebut,” ujar Noer Hidayat selaku lurah Alun-Alun Contong, Bersama kelompok KKNT MBKM 76 UPN “Veteran” Jawa Timur ikut serta dalam pembentukan Pokdarwis tersebut.

Pokdarwis merupakan kelembagaan di tingkat masyarakat anggotanya terdiri dari masyarakat setempat yang memiliki kepedulian dan tanggungjawab dalam menciptakan iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi pariwisata.Adanya pokdarwis ini diharapkan dapat mengelola potensi wisata yang ada di Kelurahan Alun-Alun Contong.

Tujuan pembentukan Pokdarwis di Kelurahan Alun-Alun Contong adalah untuk memberdayakan masyarkat untuk membangun kepariwisataan serta dapat bersinergi bersama Kelurahan untuk meningkatkan kualitas kepariwisataan daerah. Selain itu, dengan adanya Pokdarwis ini dapat menumbuhkan dukungan masyarakat untuk berkembanganya kepariwisataan daerah yang dapat bermanfaat bagi pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pembentukan Pokdarwis berjalan dengan baik. Warga kelurahan Alun-Alun Contong menyambut kegiatan ini dengan sikap yang positif. Dari kegiatan ini dibentuklah struktur organisasi Pokdarwis Kelurahan Alun-Alun contong terdiri dari penasehat; pembina; ketua; wakil ketua; sekertaris; bendahara; seksi seni dan potensi; seksi pemandu wisata,homestay & P3k; Seksi Kuliner,Promosi & dokumentasi; seksi sarana dan prasarana. ** Penulis: Nur Hanif

 

Related posts