KKN-T 40 UTM Tingkatkan Motivasi dan Semangat Belajar dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Perkalian pada Siswa UPT SDN 149 Gresik

 9,735 total views

Foto Bersama dengan guru serta siswa/i Kelas 4C | dokpri

Pengabdian Masyarakat KKN-T 40 UTM dalam Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Perkalian pada Siswa UPT SD Negeri 149 Gresik..

Gresik, Wartatasik.comSebagian besar guru  Sekolah Dasar (SD) di Indonesia masih menggunakan metode ceramah sebagai media utama dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Kurang tepat jika menggunakan metode ceramah secara terus-menerus dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, karena dapat membuat siswa bosan dan tidak semangat dalam belajar.

Oleh karena itu, menggunakan media pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran di kelas, dipandang lebih efektif dan efisien serta lebih menarik bagi siswa.

Melalui pengabdian masyarakat di Desa Driyorejo, mahasiswa/i KKN-Tematik Kelompok 40 Universitas Trunojoyo Madura membuat program kerja yaitu media pembelajaran ular tangga dengan tema “Belajar Asik Bareng Ular Tangga Perkalian”.

Guna meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa/i di UPT SD Negeri 149 Gresik yang berada di Desa Driyorejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik. Sasaran media pembelajaran Ular Tangga Perkalian ini yaitu siswa/i kelas empat (IV) yang terdiri dari kelas 4A, 4B, dan 4C.

Ular tangga merupakan salah satu permainan yang disukai anak-anak. Namun, permainan ular tangga pada program kerja ini berbeda dengan permainan ular tangga pada umumnya. Pada media pembelajaran ular tangga ini, yang membuat beda adalah papan ular tangga berupa banner berukuran besar yaitu 2,5 x 2,5 meter, yang dapat dimainkan langsung oleh siswa sebagai pionnya serta menggunakan dadu berukuran besar berukuran 20 x 20 x 20 cm.

Media pembelajaran ular tangga jumbo ini berisi 30 petak. Selain berukuran besar, setiap pemain (siswa/siswi) saat bermain, harus menjawab soal disetiap petak yang mereka tempati. Soal berbentuk kartu yang berisi soal perkalian. Kartu soal dapat disesuaikan dengan materi yang dibutuhkan. Media pembelajaran ular tangga ini dapat digunakan pada semua materi pembelajaran serta kartu soal dapat disesuaikan dengan materi pembelajaran yang dibutuhkan.

Kegiatan belajar sambil bermain menggunakan Media Pembelajaran Ular Tangga Perkalian | dokpri

Adapun tujuan dari penggunaan media pembelajaran Ular Tangga Perkalian ini yaitu diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dalam pembalajaran di kelas; meningkatkan motivasi serta semangat belajar siswa, sehingga dalam belajar serta menjawab soal tidak selalu monoton menggunakan kertas, buku, dsb; melatih keberanian siswa/siswi dalam mengutarakan pendapat; dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan gaya pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Program kerja media pembelajaran Ular Tangga telah dilaksanakan pada hari Jumat (27/05/2022) untuk kelas C, dan Sabtu (28/05/2022) untuk kelas A serta B. Selama pembelajaran menggunakan media pembelajaran Ular Tangga Perkalian, Siswa/i kelas empat (IV) UPT SD Negeri 149 Gresik sangat antusias, gembira, dan terlibat aktif.  Kepala sekolah serta guru-guru di UPT SD Negeri 149 Gresik juga menyambut baik adanya media pembelajaran Ular Tangga Perkalian ini.

DPL : Hisnuddin Lubis, S.Sos., M.A.

Penulis : Fiandiras Sutra Bukhari

Tim KKN : Alif Evandra Dzakwan, Aloy Elyesuanto Samosir, Andre Dwianto, Ayu Sekar Rini, Dhavi Rachman Azkiya’i, Dimas Setyo Ardiansyah, Fadhilah Fatih Salsamia, Fera Masithoh Nur Azizah, Fiandiras Sutra Bukhari, Lutfyana Nuzulul Qur’ainy, Mita Wahyu Yuniar Fatikasari, Moh Khoirul Khuluq, Riska Dwi Cahyani, Salza Billa Hardianti, Septalia Mustika Putri, Tenisya Heriyanto Putri

Related posts