Melalui Forkom, Pemkab Tasikmalaya bersama BPJS Kesehatan Upayakan UHC Lebih Cepat

 15,585 total views

Suasana Forkom Pemkab Tasikmalaya bersama BPJS Kesehatan Tasikmalaya | Ist

Banyak keuntungan yang dapat diperoleh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya jika terciptanya UHC ini, diantaranya Pemda tidak perlu lagi dibebani oleh masyarakat yang tiba-tiba datang pada saat sakit dan tidak memiliki jaminan kesehatan. Dengan kata lain, dengan Jamkesda, mekanisme JKN-KIS lebih fleksible dan efektif dalam hal pembiayaan pelayanan kesehatan..

Tasikmalaya, Wartatasik.com – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Bersama dengan BPJS Kesehatan Tasikmalaya bersinergi melalui Forum Komunikasi dalam upaya peningkatan kepesertaan demi tercapainya Universal Health Coverage (UHC) program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bagi masyarakat Kabupaten Tasikmalaya lebih cepat dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Hal itu disampaikan oleh Erdiansyah selaku Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya dalam kegiatan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama yang digelar di Ruang Rapat Wakil Bupati Tasikmalaya, Kamis (27/05/2021).

Erdiansyah menyampaikan ada beberapa keuntungan bagi berbagai pihak dengan terciptanya Universal Health Coverage di Kabupaten Tasikmalaya.

“Banyak keuntungan yang dapat diperoleh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya jika terciptanya UHC ini, diantaranya Pemda tidak perlu lagi dibebani oleh masyarakat yang tiba-tiba datang pada saat sakit dan tidak memiliki jaminan kesehatan. Dengan kata lain, dengan Jamkesda, mekanisme JKN-KIS lebih fleksible dan efektif dalam hal pembiayaan pelayanan kesehatan,” ungkap Erdiansyah.

Forum dihadiri langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya Agus Ramlan Hidayat, Kepala Kabupaten Tasikmalaya BPJS Kesehatan Erdiansyah, Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta (P4) Dadang Sulaeman.

dihadiri juga oleh Asisten Administrasi Kabupaten Tasikmalaya, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (PMD P3A) Kabupaten Tasikmalaya, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tasikmalaya , Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya, Kabag Pemerintahan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Kabag Kesra Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan juga dihadiri oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam sambutannya Iin Aminudin selaku Asisten Administrasi Kabupaten Tasikmalaya menuturkan upaya apa yang harus direalisasikan dan siapa-siapa saja yang berperan penting untuk mencapai UHC di Kabupaten Tasikmalaya.

“Saya ucapkan terima kasih atas kegiatan sinergitas hari ini dari seluruh pemangku kepentingan yang ikut hadir. Berkenaan dengan apa yang kita bahas, perlu adanya penekanan terhadap upaya bersama dalam menuntaskan tantangan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Yang terpenting, upaya tersebut harus dilakukan secara konsisten dan menggunakan semua sumber daya,” ucap Iin Aminudin.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Kepala Kabupaten Tasikmalaya, Heri Suherman selaku Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan dukungannya demi terwujudnya keberlangsungan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.

“Pemerintah Daerah akan mendukung segala upaya dan program-program yang telah dipaparkan demi tercapainya UHC yang lebih cepat di Kabupaten Tasikmalaya ini. Termasuk kewajiban-kewajiban Pemerintah Daerah dalam pemenuhan untuk memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat karena ini merupakan kesejahteraan bagi masyarakat. Harapannya UHC ini segera terwujud dengan adanya dukungan dan kontribusi yang berarti dari seluruh pemangku kepentingan, karena semuanya memegang peranan penting,” tutup Heri. Jamkesnews.com | Redaksi

Related posts