Peduli Penghijauan, Polres Tasik Tanam Serentak 25 Ribu Pohon di Seluruh Wilayah Hukumnya

 18,812 total views

Penanaman pohon ini dalam rangka Polri Peduli Penghijauan | dokpri

Kab, Wartatasik.com – Sesuai arahan Kapolri, jajaran kepolisian menggelar penanaman pohon. Giat tersebut guna dalam rangka Polri Peduli Penghijauan.

Tak terkecuali Polres Tasikmalaya yang juga menggelar penanaman satu juta pohon, Jumat (10/01/2020).

Wakapolres Tasikmalaya Kompol Rikky Aries Setiawan mengatakan, langkah ini diawali dengan penanaman 25 ribu pohon secara serentak diwilayah hukum Polres Tasikmalaya di 13 hektar lahan di seluruh Kabupaten Tasikmalaya.

Dijelaskan Kompol Rikky, selain pohon buah buahan, ada juga pohon pala hingga jenis pohon dengan akar serabut ditanam di lokasi rawan longsor serta pemukiman yang kerap mengalami keretakan tanah.

“Ini sesuai dengan program Pak Kapolri dilakukan penanaman pohon untuk penghijauan, arahan Pak Kapolres kita tanam di lokasi lokasi rawan longsor dan bencana lainnya,” ungkap Kompol Rikky.

Ia menyebut, lokasi yang ditanami saat ini merupakan kawasan yang menurut data BNPB dan BMKG masuk zona merah rawan longsor seperti Kecamatan Salawu, Puspahiang dan Bojonggambir. Lalu Kecamatan Sodonghilir jadi lokasi yang dianggap paling rawan.

Meskipun potensi kerawanan bencana terjadi menyeluruh di 39 kecamatan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Selain untuk penghijauan, penanaman pohon diharapkan mampu meminimalisir peristiwa bencana alam.

“Kami tanami pohon berbagai jenis di daerah zona merah rawan bencana. Tujuanya selain untuk penghijauan lahan, penenaman pohon dilakukan agar meminimalisir kemungkinan bencana alam,” pungkasnya. Blade.

Related posts