Pendampingan Penyusunan Proposal PKMK Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

 4,499 total views

Foto Bersama Dosen dan Mahaiswa UMTAS dalam melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat | dokpri

Pendampingan Penyusunan Proposal PKMK (Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Penulis:
Endah Nurmahmudah, S.Si., MM

Referensi – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang rutin diselenggarakan Belmawa merupakan ajang pembuktian kreativitas mahasiswa berprestasi di Indonesia mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. Seluruh Perguruan Tinggi berlomba mengirimkan proposal PKM dan berharap dapat lolos didanai hingga ke tahap berikutnya.

Keberhasilan pada event tingkat nasional ini mampu meningkatkan prestasi mahasiswa, dosen pembimbing dan perguruan tinggi oleh karenanya PKM menjadi ajang bergengsi yang dinantikan. Ketatnya persaingan diantara peserta yang sangat antusias menyebabkan ajang ini sangat kompetitif. Tidak mudah untuk dapat lolos pendanaan pada kegiatan PKM ini, sehingga diperlukan suatu pendampingan dalam penyusunan proposal PKM.

Dosen Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS) yang diketuai oleh Endah Nurmahmudah, S.Si., MM, dengan anggota Ida Herdiani, M.Kes dan Rissa Nuryuniarti, M.HKes serta dibantu mahasiswa atas nama Dela Rahmah, Delita Nuraulia dan Gea Mutiara Oktaviany melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (pengmas) berupa pendampingan penyusunan proposal PKMK (Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan).

Adapun tujuan dari kegiatan pendampingan penyusunan proposal PKMK ini adalah :

  1. Mahasiswa memahami apa maksud dan tujuan kegiatan PKM-K, lalu mengetahui bagaimana trik/ strategi agar proposal yang dikirimkannya lolos dan mendapatkan pendanaan
  2. Mahasiswa mendapatkan judul yang sesuai dengan bidang PKM-K dengan ketentuan yang berlaku di juknis PKM-K
  3. Mahasiswa dapat menyelesaikan penyusunan proposal PKM-K dengan baik sesuai juknis PKM-K Belmawa. Efektif dan efisien.
  4. Penerimaan proposal PKM biasanya awal tahun, apabila ada perubahan maka proposal sementara akan disimpan di bank proposal PKM-K dalam bentuk file google drive menunggu waktu peng-uplod-an yang tepat.

Untuk dapat lolos pendanaan PKMK, proposal harus melalui penilaian dua tahap yaitu tahap satu penilaian kelengkapan administrasi dan kesesuaian penulisan dengan sistematika yang ada di petunjuk teknis PKM Belmawa; tahap kedua penilaian substansi yang menguji kualitas dan isi konten proposal yang diajukan.

Tahapan pendampingan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari :

  1. Sosialisasi program kreativitas mahasiswa (PKM), PKM-K, konsep PKM-K dan strategi lolos/mendapatkan pendanaan.
  2. Pencarian Ide/Judul PKM-K (Harus memiliki nilai kebaharuan, inovatif, profit, dan komprehensif dengan dana yang sudah dibatasi)
  3. Pembentukan kelompok/tim PKM-K
  4. Pendampingan Penyusunan Proposal PKM-K
  5. Membuat templet proposal yang sesuai dengan petunjuk teknis PKM-K
  6. Membuat isi proposal: pendahuluan, gambaran umum rencana usaha, metode pelaksanaan, biaya dan jadwal kegiatan, daftar pustaka.
  7. Melengkapi lampiran proposal: Biodata ketua dan anggota serta dosen pendamping; justifikasi anggaran kegiatan; susunan organisasi tim pelaksana dan pembagian tugas; surat pernyataan ketua pelaksana.
  8. Review dan revisi proposal PKM-K

Kegiatan pengmas pendampingan penyusunan proposal PKMK ini diikuti oleh 146 mahasiswa dari dua program studi yaitu S1 BK dan program studi S1 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari catur dharma dosen yang didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM-UMTAS) di bawah arahan Dr. Mujiarto, ST., MT. Pendampingan telah berlangsung sejak dari tanggal 9 Oktober 2022 dan berakhir pada bulan Januari 2023 bersamaan dengan berakhirnya semester ganjil tahun ajaran 2022/2023.

Adapun output yang didapatkan adalah proposal PKMK hasil karya kelompok mahasiswa. Setiap mahasiswa membentuk kelompok 3-5 orang hingga terbentuk sejumlah 32 kelompok. Sehingga proposal yang dihasilkanpun berjumlah 32 proposal yang sangat bervariatif, ide dan tema yang diajukan beragam penuh kreasi dan inovasi mulai dari kategori produk, jasa, krativitas, iptek dan terutama kuliner atau makanan dan minuman.

Kami berharap proposal yang sudah disusun dengan penuh pendampingan tersebut dapat didaftarkan semuanya pada ajang Program Kreativitas Mahasiswa 2023 mendatang dan dapat lolos pendanaan PKMK. Untuk itu tentu masih perlu dukungan dari pihak-pihak terkait seperti mahasiswa yang aktif pada saat timeline pendaftaran sudah dibuka, dosen pembimbing yang aktif selalu memberi bimbingan dan arahan kepada mahasiswa, operator kampus yang sangat berperan dalam pembukaan dan maintence akun PKM-Belmawa, dan atasan di perguruan tinggi agar proposal yang didaftarkan dapat lolos pendanaan PKM dan sukses ke tahap berikutnya di PIMNAS. **

Related posts