Penuhi Kebutuhan Air Bersih, TA 2021 Pemkot Tasik akan Bangun SPAM

 7,505 total views,  7 views today

Kepala Dinas Perawaskim Yono S Karso | Asron

Kota, Wartatasik.comDalam rangka penuhi kebutuhan air bersih bagi warga masyarakat, Pemkot Tasikmalaya berencana membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Dan untuk tahun ini Pemkot Tasikmalaya tengah berupaya membebaskan lahan untuk pembangunan SPAM.

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala Dinas Perawaskim Kota Tasikmalaya, Yono S Karso mengaku pihaknya sedang
berupaya membebaskan lahan buat pembangunan SPAM dan mengusulkan anggaran ke pemerintah pusat.

“Adapun anggarannya sekitar 86 milyaran. Untuk pembangunan disejumlah titik, diantaranya di wilayah Cibeuti, Kawalu buat pembangunan Intik, termasuk jalan lingkungannya. Selanjtnya di daerah Talagasari untuk titik pembangunan IPAL,” tuturnya, Senin (09/03/2020).

Pematokan lahan untuk pembangunan SPAM | dok

Disinggung lebar lahan yang dibutuhkan, Yono menyebutkan  keinginannya seluas dua hektar, “Tapi jika dilihat anggaran sepertinya tak akan cukup. Anggaran dinas kita hanya Rp 3 milyar. Namun untuk pembebasannya mudah-mudahan bisa berlanjut,” tambahnya.

Ia mengaku juga, saat ini rencana pembangunan SPAM itu baru tahapan Detail Engineering Design (DED), “Kembali lagi, untuk tahun ini kami melakukan dulu pembebasan lahannya. Kalaupun lahan belum tercukupi pararel. Tidak hanya ke pusat, kami juga mengusulkan ke Provinsi Jabar. Mudah-mudahan terealisasikan,” ucap Yono.

“Kami targetkan TA 2021 pembangunan SPAM sudah mulai berjalan dari Intik di Cibeuti hingga IPAL di Talagasari.
Kami optimis, itu dapat terealisasi karena melihat perjuangan bapak wali kota dan respon dari pusat kita opitimis. Dan untuk pengelolaannya, Insyaalloh UPTD SPAM-nya sudah terbentuk,” pungkasnya. Asron

Related posts