Peringati Hari Ibu ke-90, Bupati: Ini Momen Kebangkitan Wanita Indonesia

 869 total views

ilustrasi | net

Kabupaten, Wartatasik.com – Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Ibu ke 90 tingkat Kabupaten Tasikmalaya di Halaman Sekretariat Pemda, Jum’at (21/12/2018).

Bupati memberikan apresiasi kepada perempuan-perempuan Indonesia dalam acara peringatan hari Ibu ke 90 tingkat Kabupaten Tasikmalaya, sebab Hari Ibu sebagai hari kebangkitan wanita Indonesia. Momen ini kata Bupati, merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari momen kebangkitan dan perjuangan bangsa.

“Kemerdekaan, kemajuan dan hasil-hasil pembangunan yang kita nikmati saat ini tidak terlepas dari perjuangan para kaum perempuan khususnya para ibu dalam merebut dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan,” ujar Bupati.

Selain itu terangnya, Peringatan Hari Ibu tahun ini bukan hanya sekedar momen peringatan mengenang sejarah masa lalu atau jasa-jasa para ibu di Indonesia, pasalnya Peringatan Hari Ibu ini harus dijadikan momen untuk mempertebal tekad dan keyakinan dalam menjaga nilai kesetaraan, kebersamaan dan persatuan nasional guna mencapai cita-cita bangsa.

”Moment ini sebagai sebuah pengakuan sejati terhadap komitmen kaum ibu dalam menata dan membangun masa depan bangsa, karena Kaum Ibu memiliki nilai lebih dalam menata dan membentuk karakter terhadap generasi penerus bangsa melalui Pendidikan keluarga berbasis agama dan budaya leluhur, serta perilaku ideal,” kata Bupati.

Diterangkan Bupati, Kabupaten Tasikmalaya sedang berpacu untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indeks Kesehatan, dan Indeks Pendidikan dengan optimalisasi akselerasi potensi masyarakat tanpa diskriminasi.

“IPM di Kabupaten Tasikmalaya dapat ditingkatkan melalui peningkatan daya beli masyarakat, dalam Indeks Kesehatan tentunya para ibu mengambil peran penting dengan menciptakan lingkungan keluarga yang bersih dan sehat sehingga terciptanya prilaku sehat,“ tuturnya.

“Sedangkan untuk Indeks Pendidikan kaum ibu dapat berperan dalam membentuk karakter anak, memberantas buta huruf, dan juga peningkatan rata-rata lama sekolah dengan mendorong putra putrinya bersekolah,” ujar Bupati.

Usai Upacara Peringtan Hari Ibu berkahir, Bupati Tasikmalaya menyerahkan beberapa penghargaan, diantaranya Anugrah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Republik Indonesia, yang diserahkan pada tanggal 19 Desember 2018 di Istana Wakil Presiden republic Indonesia.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya sebagai juara ke 3 dengan Kategori Peran Ekonomi Perempuan pada lomba Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Propinsi Jawa Barat.

Acara tersebut dihadiri Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tasikmalaya, para Pejabat Sipil, TNI, POLRI, tokoh masyarakat, Penggerak PKK, Dharma Wanita, Persatuan dan Organisasi Wanita Kabupaten Tasikmalaya, Ketua dan pengurus KORPRI Kabupaten Tasikmalaya serta jajaran, dan tamu undangan yang berbahagia. Redi.

Related posts