BUMN Goes to Campus di Unsil, Rabu (20/03/2019) | Redi

Kota, Wartatasik.com – Wow, tahun ini sebanyak 9.000 mahasiswa diberi kesempatan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengikuti program magang mahasiswa bersertifikat (PMMB) dalam upaya pengembangan diri dan menjajal dunia kerja secara profesional.

Program tersebut merupakan salah satu bagian dari BUMN Goes to Campus yang dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT Kementerian BUMN.

Dalam pemaparannya Menteri BUMN Rini Soemarno menyebut PMMB didesain untuk membantu menyiapkan lulusan perguruan tinggi yang siap bekerja dan mampu bersaing.

“Saya harap PPMB ini menjadi langkah nyata link and match kurikulum PTN/PTS dengan kebutuhan industri yang telah lama diinisiasi dan diharapkan menjawab yang selama ini masih terjadi di lapangan,” harapnya usai penandatanganan nota kesepahaman dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Unsil Tasikmalaya, Rabu, 20 Marer 2019 kemarin.

Rini pun meminta mahasiswa untuk semangat ikuti magang di BUMN, sebab akan mendapat pengalaman kerja nyata di dunia industri, apalagi nantinya diberi sertifikat kompetensi (sertifikat industri, red), uang saku, serta memiliki kesempatan pertama jika ada program perekrutan di BUMN.

“Kami menargetkan akhir tahun 2020, jumlah mahasiswa magang sudah mencapai 20.000 yang tersebar di 143 BUMN di seluruh Nusantara,” kata Rini.

Adapun tambah Rini, waktu pelaksanaan PMMB minimal enam bulan dan programnya diakui sebagai bagian dari SKS mahasiswa di kampus masing-masing yang menjadi langkah strategi meningkatkan kualitas lulusan PTN/PTS.

“Tahun 2018, BUMN sudah punya PMMB dan berlangsung dengan sukses,” pungkasnya.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Rektor Universitas Siliwangi Prof Rudi Priyadi, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo dan Direktur Telkom Herdy Harman. Nat | Redaksi.