Epicentrum gempa Banggai Sulawesi Tengah, magnitudo 6,9, 12 April 2019 | BMKG

Nasional, Wartatasik.com – Getaran gempa bumi bermagnitudo 6,9 yang mengguncang wilayah Banggai dan Banggai Kepulauan, Jumat (12/4/2019) malam, turut dirasakan hingga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Salah satu staf Pusat Gempa Regional IV BMKG Makasssar Kaharuddin membenarkan hal itu. BMKG mencatat, getaran yang dirasakan di Kota Makassar bekisar III Modified Mercally Intersitiy (MMI).

“Ada laporan yang merasakan di Makassar, terutama yang berada di gedung tinggi,” kata Kaharuddin, Jumat (12/4/2019) malam.

Kaharuddin mengatakan, selain Makassar beberapa wilayah di Sulawesi Selatan yang merasakan getaran gempa yang berpusat di Luwuk, Banggai, ialah Poso, Buol, Morowali, Banggai dan Palu IV MMI, Kolaka Utara dan Toli-toli III-IV MMI, Sumalata, Kotamobagu, Palopo, Kolaka, Kepulauan Konawe III MMI, Gorontalo dan Kendari II-III MMI, Manado, Pinrang dan Konawe II.

“Kalau daerah Makassar, Pinrang, dan Manado, tidak berpotensi tsunami,” imbuh dia.

Sebelumnya, gempa bumi bermagnitudo 6,9 yang mengguncang wilayah Banggai dan Banggai Kepulauan, Jumat (12/4/2019) malam, menyebabkan warga berlarian ke tempat-tempat tinggi atau gunung.

Warga berlarian karena laporan BMKG menyebutkan bahwa gempa itu berpotensi tsunami. kompas.com | wartatasik.com