Dokumentasi Bulan maret 2019 saat acara ulang tahun sekaligus pemotongan tumpeng Camat Cihaurbeuti Asep Khalid Fajari S. IP., bersama Kades, Sumberjaya H. Haris Iwan Gunawan S. Ag. didamping kepala Puskesmas Cihaurbeuti Haris,S.Kep. | Wan K.

Regional, Wartatasik.com – Menuju masyarakat sadar kesehatan dan prilaku hidup bersih sudah terbentuk Lembur Berseka Katumbiri (Kawasan Tertata Menuju Masyarakat Bersih Sehat Dan Mandiri) di Dusun Nangela Kaler Desa Sumberjaya Kecamatan Cihaurbeuti Kab. Ciamis.

Menurut keterangan Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Cihaurbeuti Haris S.Kep mengatakan, dari mulai berjalan Lembur Berseka Katumbiri ini sudah memenuhi syarat 80 % jamban sehat di wilayah Dusun Nangela Kaler.

Ia pun merasa puas sebab selama satu tahun terbentuk, kini Lembur Berseka Katumbiri sudah 100% telah memenuhi syarat, “Ya, sudah mencapai target menjadi Dusun Open Defecation Free (ODF),” ujarnya saat ditemui wartatasik.com, Jumat (12/04/2019).

Kepala UPTD Puskesmas Kec. Cihaurbeuti Haris, S. Kep. | Wan K.

Haris menuturkan, berkat capaian target tersebut, 11 Maret 2019 lalu Lembur Berseka Katumbiri ini merayakan hari jadinya dengan syukuran potong tumpeng oleh Camat Kecamatan Cihaurbeuti yang disaksikan unsur muspika, Kepala Desa serta tokoh masyarakat setempat.

Selain itu tambah Haris, pihaknya ingin bukan hanya satu dusun saja yang peduli prilaku hidup sehat, tapi semua dusun yang berada di wilayah Desa Sumberjaya agar mencapai desa ODF.

“Alhamdulilah karena keberhasilan di Dusun Nangela Kaler, akhirnya terbentuk lagi Lembur Berseka Dusun Cipecek dan Dusun Antralina Desa Sumberjaya, itu juga saat ini sudah mencapai 99% menuju kampung ODF,” pungkasnya. Wan K.

10 Program Lembur Berseka Katumbiri | Wan K.