Peringati HUT RI ke 75 dan Syukuran Pilkadus Lancar, Warga Kp Pasiripis Sariwangi ‘Ngubek Balong’

 9,072 total views

Pemandangan tidak biasa terlihat meriah di Kp. Pasiripis Desa Jayaratu, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya ketika ratusan warga saling berebut ikan di kolam dengan tangan kosong atau ‘Ngubek Balong’, Minggu (16/082020) | Ndhie

Kab, Wartatasik.com – Pemandangan tidak biasa terlihat meriah di Kp. Pasiripis Desa Jayaratu, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya ketika ratusan warga saling berebut ikan di kolam dengan tangan kosong atau ‘Ngubek Balong’, Minggu (16/082020).

Warga dari usia anak-anak hingga dewasa, turun ke kolam untuk mendapatkan ikan tanpa menggunakan alat apapun. Hal ini dilakukan dalam rangka menggelar pesta rakyat usai penetapan calon tunggal kepala dusun dan bakalan yakin yang diusungnya terpilih dengan calon tunggal.

Berdasarkan pantauan crew Wartatasik.com dari pukul 14.00, warga sudah memenuhi pinggir kolam. Meski cuaca panas, warga sangat antusias untuk bisa segera menangkap ikan. Menurut informasi yang berhasil dihimpun, kurang lebih ada 2 kuintal ikan yang bisa ditangkap warga.

Yuli (34), salah seorang warga mengaku ngubek balong tersebut dilakukan sebagai rasa syukur HUT RI ke 75 dan jadi ajang persatuan warga pasca pilkadus.

“Serunya lagi anak-anak sampai orang tua semuanya turun ke kolam. Harus tangkap ikan pakai tangan kosong. Tidak boleh pakai jaring atau sair,” ujar yuli, disela ngubek Balong.

Semalam kan sudah tegang waktu penetepan pilkadus lanjut Yuli, sekarang waktunya warga berkumpul dan berbagi kebahagiaan lagi, “Lepas perbedaan perbedaan dukungan dalam pilkadus kemarin,” ucapnya.

Sementara Calon kadus tunggal yang sebentar lagi akan di kukuhkan, Dede Iwan, mengatakan ngubek balong diadakan sebagai bentuk rasa syukur dirinya dipercaya oleh semua lapisan masyarakat dan ini juga bagian dari ikut serta memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 th.

“Alhamdulilah saya diberi amanat oleh semua masyarakat, insyaallah niat seja ibadah, seja Babakti kalemah cai, dan mudah – mudahan mekanisme untuk penetepan dari pihak Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta pemerintah Desa sampai ketahap kecamatan berjalan lancar,”  pungkasnya. Ndhie

Related posts