Hebat..!! Kerjasama Solid Bumdes dan Poktan, Lahan Seluas 5 Ha Mampu Sejahterakan Petani Kopi

 1,338 total views

Ketua Bumdes Ir. Aep Danawan | Wan K.

Ciamis, Wartatasik.com – Hebat, luas tanah 5 ha di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Ciamis berhasil mendulang pundi rupiah.

Ya, tanah tersebut dijadikan perkebunan kopi sehingga hasil produksinya bisa mensejahterakan para petani.

Ini berkat kerjasama solid antara Kelompok Tani (Poktan) dan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Maju Mandiri.

Menurut Ketua Bumdes Ir. Aep Danawan, pihaknya hanya penjamin pasar untuk produk kopi agar bisa berdaya saing dibanding standar umum.

Bumdes sendiri secara langsung mengolah sendiri sehingga beli kopi dari para petani bisa lebih mahal dari pasar.

“Maksudnya untuk meningkatkan pendapatan para petani sebagai motivasi,” ucapnya saat ditemui wartatasik.com Rabu (26/06/2019).

Dikatakan Aep, harga dasar di pasaran tergantung kadar air dan garam, tapi disisi lain Bumdes itu membeli di atas harga pasar dari harga dasar pasar Rp 19 ribu lalu Bumdes beli seharga Rp 22 ribu.

Namun terangnya, Bumdes tak rugi karena mengolahnya sendiri untuk dijadikan bahan kopi agar bisa di konsumsi menjadi produk jadi.

“Allhamdulillah satu kali panen dari hasil perkebunan kopi diwilayah Sukamaju sekitar 7 ton, itupun belum yang kecil kecil bisa satu sampai dua kwintal,” paparnya.

Karena masih perdana kata Aep, produknya belum punya perijinan, karena yang dinamakan produk makanan atau produk komsumsi itu perlu uji coba dulu dan perlu waktu beberapa bulan untuk mencobanya.

Lantaran itulah, produk yang diberi label Kopi Robusa 24 ini baru masuk ke wilayah sekitar Ciamis, itu juga di even pameran.

“Hasil olahan kopi kami aman dikonsumsi bahkan mengandung khasiat yang terasa secara langsung seperti badan pegal terasa ringan. Kami sendiri sudah selama 7 Bulan mengkomsumsi,” ucapnya.

Berdasarkan hasil kajian musyawarah dengan Pemdes, tokoh masyarakat, lembaga dan para petani sangat mendorong dengan pengolahan kopi ini.

Alhasil tahun ini Bumdes Maju Mandiri akan mendapat suntikan subsidi dari program Dana Desa (DD) tahap II untuk membangun kopi rakyat.

“Kedepannya kami ingin mempunyai izin, mesin untuk olahan kopi, alat, rumah produksi dan maju,” tandasnya.

Senada dengan itu, Kepala Desa (Kades) Sukamaju Dede Engkuh yang juga pengurus Bumdes Maju Mandiri pun mengharapkan dalam melaksanakan berbagai bidang prpgram berjalan lancar dan maju meningkatkan ekonomi warga. Wan K.

Related posts