Mudahkan Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Pastikan Peserta JKN KIS Dapat Jaminan Akses Kesehatan

 1,449 total views,  8 views today

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tasikmalaya Triwidhi H Puspitasari didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya.,Kabupaten Garut dan Perwakilan Dinkes Kabupaten Tasikmalaya | asron

Kota, Wartatasik.com – Sebagai bukti perhatian serius bagi para peserta JKN KIS, BPJS Kesehatan Kantor Cab Tasikmalaya akan memberikan kemudahan saat libur lebaran tahun 2019.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Cab Tasikmalaya Triwidhi H Puspitasari saat menggelar Konferensi Pers di ruang rapat kantor tersebut Jl Tanuwijaya No 9 Kota Tasikmalaya, Senin (27/05/2019).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kota Tasikmalaya H. Cecep Z Kholis, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya dan Kadinkes Kabupaten Garut.

Dikatakan Triwidhi, tujuan konferensi pers itu agar masyarakat tahu jika pihaknya ikut menyambut dan mendukung peserta JKN KIS yang melaksanakan mudik, dan memastikan mendapatkan jaminan atau akses layanan kesehatan ke fasilitas apabila dibutuhkan.

“Ya, memastikan peserta JKN KIS dapat mengakses informasi yang diperlukan selama melakukan mudik,” ujarnya.

Berikut  informasi detail hasil dari keterangan jumpa pers untuk pelayanan kesehatan bagi peserta JKN KIS Selama Libur Lebaran 2019 diantaranya:

  1. Pemberlakuan pelayanan kesehatan peserta selama libur lebarab 2019 yaitu H-7 sd. H+7.
  2. Peserta JKN KIS (dalam dan luar wilayah) dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada puskesmas/klinik pratama/praktik dokter/RS D pratama yang membuka pelayanan kesehatab sekurang kurangnya 3 kali kunjungan.
  3. Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan, atau peserta membutuhkan pelayanan diluar jam buka layanan FKTP maka peserta dapat dilayani di IGD Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.
  4. Pada keadaan kegawatdaruratan seluruh fasilitas kesehatan (baik yang bekerjasama atau tidak) wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepda peserta JKN KIS.
  5. Bagi peserta JKN KIS penderita penyakit kronis, pengambilab obat dapat diambil lebih awal jika jadwal pengambilan obat penyakit kronis peserta JKN KIS jatuh pada masa libur lebaran.
  6. Teknis pelaksanaan pelayanan obat kronis bagi peserta JKN KIS maka diberlakukan:
    – Obat penyakit kronis bagi peserta JKN KIS diberikan maksimum untuk 30 hari sesuai indikasi medis dan mengacu pada formularium nasional berikut dengan ketentuannya
    – Jika jadwal pengambikan obat penyakit kronis peserta JKN KIS jatuh pada masa mudik lebaran, maka peserta dapat mengambil obat sebelum habis, lbih cepat dari jadwal pengambilan berikutnya
    – Untuk program rujuk balik (PRB) maka peserta JKN KIS dapat mengambil obat di Apotek PRB
    – Untuk obat penyakit kronis di FKRTL, maka peserta JKN KIS dapat mengambil obat di instalasi faramasi rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan

Teknis pelaksanaan pelayanan obat kronis bagi peserta JKN KIS maka diberlakukan :
√ Untuk peserta PRB, peserta dapat mengambil obat di apotek PRB daerah tujuan mudik dengan ketentuan:
a. Diresepkan oleh dokter FKTP di daerah tujuan
b. Membawa buku kontrol program rujuk balik atau surat pengantar dari FKTP asal > untuk mengetahui jenis obat yang diresepkaan
√ Untuk penderita penyakit kronis non stabil dapat mengambil obat di FKRTL daerah tujuan mudik dengan ketentuan:
a. Membawa surat rujukan dari FKTP setempat
b. Diresepkan oleh dokter di FKRTL setempat
c. Surat rujukan berlaku 1 kali untuk diagnosa dan tujuan rujukan yang sama.
d. Maksimal kunjungan 1 kali sebulan (tidak ada fragmentasi).

Penuh kebersamaan, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cab Tasikmalaya bersama Kadis dan Insan Pers | dokpri

Pelayanan Khusus bagi peserta JKN KIS di Kantor Cabang BPJS Kesehatan yakni Pelayanan Khusus diberikan kepada peserta JKN KIS di Kantor Cabang BPJS Kesehatan selama libur lebaran pada tanggal 3,4 dan 7 Juni pukul 08.00-12.00 waktu setempat.

Pelayanan khusus kepada peserta JKN KIS juga diberikan di seluruh kantor Kabupaten/Kota utama dan seluruh kantor Kabupaten/Kota utama di pulau Jaw dan beberapa titik di luar pulau Jawa.

Pada kantor kabupaten/kota yang tidak membuka pelayanan selama libur lebaran maka kebutuhan peserta atas pelayanan administrasi kepesertaan dan denda dilakukan melalui koordinasi dan komunikasi antara PIC rumah sakit dengan petugas piket.

Adapun layanan kesehatan mencakupi KIS Digital, antrian online di FKTP tertentu, skrining kesehattan, cek riwayat kesehatan dan peserta bisa menilai layanan faskes lewat aplikasi KESSAN.

Pada kesempatan tersebut, Triwidhi mengucapkan Selamat Idul Fitri 1440 H., bagi yang mudik selamat sampai tujuan, “Mohon maaf lahir dan bathin,” ucapnya.

sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Tasikmalaya H. Cecep Zainal Kholis mengaku mengapresiasi kemudahan layanan JKN KIS saat liburan lebaran.

Ia mengatakan pihaknya juga menyampaikan bahwa Puskesmas pada masa itu (mudik, red) siaga 24 jam diluar layanan dengan membangun 6 pos kesehatan.

“Diantaranya, Parhon dengan penanggung jawab Permata Bunda, Simpang Lima oleh Syifa Medina, di Lottemart oleh RS Islam, Simpang Linggajaya oleh TMC, dan Taman Kota RS Jasa Kartini, serta Terminal Indihiang puskes,” ujarnya.

Ia menyebutkan Ada 70 dokter siap bekerja dan 159 perawat serta ambulans 27 unit, “Obat-obatan P3K siap ditiap pos, monitoring akan dilakukan pihaknya secara intens. Mudah-mudahan keberadaan pos siaga ini tidak ada kasus kecelakaan cepat tertangani,” tandasnya. Asron

Related posts