Pahlawan Nasional Asli Tasikmalaya, Buku Biografi KHZ Musthafa Resmi Diluncurkan

 74,640 total views

Pahlawan Nasional Asli Tasikmalaya, Buku Biografi KHZ Musthafa Resmi Diluncurkan | Ndhie

Kab, Wartatasik.com – K.H. Zainal Mustafa lahir di Kp Bageur Desa Cimerah Kec Sukarame Kab Tasikmalaya pada tahun1899 dan meninggal di Jakarta 28 Oktober 1944. Beliau adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia yang kini dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Tasikmalaya.

Zaenal Mustofa adalah pemimpin sebuah pesantren di Tasikmalaya dan pejuang Islam pertama dari Jawa Barat yang mengadakan pemberontakan terhadap pemerintahan Jepang.

Nama kecilnya Hudaemi. Ia lahir dari keluarga petani berkecukupan, putra pasangan Nawapi dan Ny. Ratmah. Namanya menjadi Zaenal Mustofa setelah ia menunaikan ibadah haji pada tahun 1927.

Tokoh pahlawan nasional asli Tasikmalaya ini memang telah terkenal di seluruh Indonesia, kini rakyat Indonesia khususnya warga Tasikmalaya bisa lebih mengenal sosok KH. Z. Musthafa melalui buku biografinya, yang telah resmi diluncurkan di Sukamanah, Selasa (23/02/2021).

Selain peluncuran buku biografi, diselenggarakan juga acara bedah buku, ada 3.000 eksemplar buku yang dipersiapkan oleh panitia untuk pelaksanaan bedah buku tersebut.

“Semoga dengan buku ini, masyarakat dapat mengenal sosok beliau. Selain itu, bagi generasi muslim juga harus memahami tentang jihad. Kapan dan dalam kondiasi apa serta dengan cara apa kita harus berjihad,” jelas Atam sebagai pimpinan PC NU Kabupaten Tasikmalaya.

Sementara itu, KH. Acep Tohir Pimpinan Pondok Pesantren Sukamanah sekaligus cucu dari KH. Z. Musthafa menyampaikan bahwa semangat KH. Z. Musthafa harus menjadi tauladan umat islam,” didalam jiwanya ada jiwa bela bangsa dan negara,” pungkasnya. Ndhie

Related posts